Saturday, 15 October 2016

Mazda Motor Indonesia Putuskan Hengkang Dari Tanah Air


 Kabar mengejutkan datang dari perusahaan mobil asal Jepang, PT Mazda Motor Indonesia (MMI). Sebagai Agen Pemegang Merek (APM) mobil Mazda di Tanah Air, MMI telah memutuskan untuk hengkang dari pasar otomotif nasional. Keputusan tersebut diumumkan MMI di situs web resmi mereka pada hari Jumat 14 Oktober 2016.

Dalam laman tersebut, disebutkan MMI telah mengalihkan bisnis distribusi kendaraan dan suku cadang Mazda kepada PT Eurokars Motor Indonesia, sebagai bagian dari usahanya untuk memperkuat bisnis di Indonesia. Dengan begitu, Eurokars Group akan bertindak sebagai diler Mazda di Indonesia. 

Selama ini Eurokars juga bertanggungjawab mendistribusikan kendaraan Mazda ke Singapura dan juga bertindak sebagai diler Mazda di Australia.Eurokars Motor Indonesia akan mulai beroperasi sebagai distributor Mazda pada Februari 2017 mendatang.

“Dengan mempergunakan keahlian dan pengalaman yang dimiliki dalam bisnis mobil di Indonesia, Eurokars Grup akan memperkenalkan aktivitas penjualan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar ini dan mempercepat peningkatan pelayanan pelanggan kami. Saya yakin, mereka akan lebih memperkuat merek Mazda di Indonesia” kata Presiden Direktur MMI, Keizo Okue.

Dalam siaran resmi itu, juga disebutkan bahwa pasar kendaraan bermotor di Indonesia telah berkembang terus-menerus, dan kondisi pasar berubah dengan begitu cepatnya. Bertujuan merespons dengan cepat atas perubahan dalam iklim usaha dan memaksimalkan kesempatan untuk berkembang. Eurokars juga melokalkan manajemennya demi kegiatan usaha yang cepat dan efisien.

Sementara itu General Manager Group Public Relations and Corporate Communications Eurokars Group, Angeline Tan mengatakan, Mazda Motor Corporation telah menunjuk PT Eurokars Motor Indonesia, anggota dari Eurokars Group, sebagai distributor kendaraan Mazda di Indonesia.

“Penunjukan ini merupakan tonggak penting bagi Eurokars Group. Hal ini juga mencerminkan kemitraan sinergis antara Mazda Motor Corporation dan Eurokars Group, dengan posisi baik untuk menjalankan distribusi,” ujarnya.

Angeline menjelaskan, Eurokars sudah menjadi diler mobil Mazda di Indonesia sejak 2007, dan kemudian mengambil alih distribusi Mazda di Singapura pada 2011 silam. Ia juga memastikan, Eurokars akan mengambil alih seluruh staf dan diler yang ada di bawah naungan MMI.

“Juga akan bertanggung jawab untuk semua, setelah penjualan, termasuk jaminan dari semua kendaraan Mazda yang dijual oleh MMI sebelum transfer,” katanya.

Sekadar informasi, saat ini MMI memiliki sejumlah produk andalan yang dipasarkan di Tanah Air, yakni Mazda2, Biante, Mazda6, CX-3, CX-5, CX-7, VX-1, Mazda8, dan BT-50.

Kabar gonjang-ganjingnya MMI sebenarnya telah beredar pada Februari lalu. Namun, MMI menampik isu tersebut. "Berita yang sangat tidak tepat itu. Mazda tidak memiliki rencana apa pun untuk hengkang dari Indonesia," kata Senior Marketing Manager MMI, Astrid, kala itu. (Noor Irawan)










BAGIKAN

0 comments: