Wednesday, 5 October 2016

Pangdam V/Brawijaya : HUT TNI Adalah Salah Satu Bentuk Pertanggung Jawaban TNI Kepada Rakyat

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana saat diwawancari sejumlah awak media usai menjadi Inspektur Upacara di HUT TNI, Surabaya.
 Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah komponen utama dalam pertahanan negara Indonesia yang memiliki fungsi utama yakni mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara seperti yang tertuang dalam Pasal 1 ayat 1 UU RI Nomor 3 Tahun 2002.

Sebagaimana angkatan perang negara lainnya didunia, dalam mempertahankan sebuah kedaulatan TNI dilengkapi dengan berbagai macam peralatan tempur yang disebut Alutsista baik yang bersifat aktif maupun pasif. Sedangkan sumber pendanaannya berasal dari APBN yang diserap dari pajak rakyat Indonesia dan sektor lain. 

Untuk itu sebagai wujud pertanggung jawaban TNI kepada rakyat segala sesuatu yang dibeli dari uang rakyat khususnya yang digunakan untuk membangun postur kekuatan TNI akan dipamerkan secara umum agar rakyat dapat melihat lebih dekat hasil dari bentuk partisipasinya.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Panglima TNI melalui amanatnya yang dibacakan oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana saat menjadi Irup HUT TNI ke-71 di lapangan Kodam V/Brawijaya.

"Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan suatu bentuk laporan pertanggungjawaban antara TNI kepada Rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dilaksanakan. maka dari itu, HUT TNI kali in mengambil tema Bersama Rakyat, TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian," Jelasnya.

BAGIKAN

0 comments: