Friday, 21 October 2016

Pelaku Penusukan Kapolsek Tangerang Terinspirasi ISIS dari Internet

 Sultan Azianzah (22), pelaku terduka sebagai simpatisan atau pengikut ISIS yang menyerang Kapolsek Tangerang Kompol Effendi dan 2 anggotanya, di Pos Polisi Jl Perintis Kemerdekaan, Cikokol, Kota Tangerang pada Kamis pagi kemarin itu ternyata ternyata terinspirasi kelompok ISIS yang selama ini beredar dunia maya atau internet. Hal tersebut diungkapkan Kepala BNPT, Komjen Pol Suhardi Alius. 

"Sekarang memang sedang diinvestigasi untuk didalami. Yang jelas dari rekaman video saat dilakukan investivigasi dengan petugas kita dapatkan bahwa itu terinspirasi dari ISIS," kata Suhardi Jumat (21/10/2016).

Suhardi menuturkan, pihaknya juga akan mendalami ke keluarga Sultan untuk penyelidikan lebih lanjut. Yang jelas, aksi Sultan termasuk kategori lone wolf atau pelaku tunggal sebagaimana aksi yang terjadi di gereja di Medan, Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

"Kemudian juga mereka itu lone wolf. Selama ini kita membagi menjadi eempat kelompok yakni, kelompok inti, militan, suporter. Kalau begini udah kelompok suporter ini," ujarnya.

Saat ditegaskan apakah Sultan hanya terinspirasi ISIS tapi belum berbaiat ke ISIS, Suhardi menjelaskan akan mendalami lagi konten-konten yang diakses Sultan di internet.

"Begini, itu nanti kita dalami konten-konten apa yang selama ini dia buka, dari situ nanti bisa kita lihat. Nanti ada tim dari kami juga yang akan mengumpulkan data-data mengenai pelaku. Yang jelas kalau melihat apa yang dia katakan sudah patut diduga dia terinspirasi ISIS. Apalagi dia juga membawa striker ISIS, buku-buku juga sudah kita dapatkan," sebutnya.

"Artinya, ini yang terinspirasi dari sosial media, internet. Kemudian dia juga membawa bom pipa, dia belajar membuat bom pipa belajar dari situs-situs itu," urainya. (Himawan Aji)


BAGIKAN

0 comments: