Friday, 14 October 2016

Presiden Jokowi Lantik Ignatius Jonan dan Arcandra Tahar Sebagai Menteri dan Wakil Menteri ESDM


 Presiden Joko Widodo melantik Ignasius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, sementara Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 114/ P/ Tahun 2016 tentang pengangkatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Kabinet Kerja sisa masa jabatan tahun 2014-2019‎. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2016) siang.

Tak ada pengumuman pengangkatan Jonan dan Arcandra sebelumnya. Keduanya langsung memasuki ruang pelantikan pukul 13.15 WIB. Jokowi lalu masuk ke ruangan pukul 13.30. Setelah itu, keppres langsung dibacakan. Presiden langsung memimpin sumpah dan janji keduanya sebagai menteri dan wakil menteri.

Ignasius Jonan adalah mantan Menteri Perhubungan yang dicopot Jokowi dalam reshuffle Kabinet Kerja jilid II pada akhir Juli lalu.Posisi Jonan kemudian digantikan Budi Karya Sumadi.

Sementara itu, Arcandra adalah mantan Menteri ESDM yang dilantik Jokowi saat reshuffle Kabinet Kerja jilid II.

Namun, baru 20 hari menjabat, Arcandra dicopot Jokowi karena masalah kewarganegaraan. Ia diketahui memegang paspor Amerika Serikat.

Hampir dua bulan tugas menteri ESDM dipegang pelaksana tugas, yakni Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Belakangan, setelah melakukan analisis, pemerintah memutuskan bahwa Arcandra berstatus warga negara Indonesia.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM tanggal 1 September 2016. Dalam nomenklatur sebelumnya, sebenarnya tidak ada posisi wakil menteri ESDM. Namun, posisi ini mendadak muncul.

Sementara itu Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi mengatakan, Presiden Jokowi sebenarnya sudah memberikan sinyal pelantikan Menteri ESDM akan dilakukan dalam waktu dekat. Mengingat kebutuhan pemimpin definitif juga harus segera.

Sebenarnya, kata Johan, persiapan pelantikan ini sudah ada sejak Minggu lalu. Kedua nama ini juga sudah muncul sejak Minggu lalu. Hanya, keputusan melantik hari ini yang terbilang mendadak.

"Sebenarnya sudah beberapa hari lalu, tapi memutuskannya itu saya tidak tahu. Memutuskan persisnya saya tidak tahu, karena saya dengarnya sudah minggu lalu. Saya dengar saja," jelas dia.
 (Noor Irawan)



BAGIKAN

0 comments: