Sunday, 16 October 2016

Subhan Aksa Juarai Kejurnas Sprint Rally seri 3 di Lintasan Aspal PMPP TNI


 Pasangan pereli Subhan Aksa/Hade Mboi keluar sebagai juara umum di ajang kejurnas sprint rally 2016 seri ke-3 yang digelar di lintasan aspal kawasan PMPP TNI Sentul Bogor yang berakhir Minggu 16/10.  

Andalan FBRT Sport ini mencatatkan waktu tercepat dan menumbangkan semua rivalnya seperti Ryan Nirwan/Adi Indiarto, Glen Nirwan/M Redwan dan Akbar Hadianto/A SyarHasil juara tentu tidak dapat dipastikan sebelum bendera finish dikibarkan, bahkan menguasai 3 Special Stage bukan menjadi jaminan. Drama menarik pun terjadi pada Kejuaraan Nasional Sprint Rally 2016 – Tarmac, Canti Dharma putaran tiga (15 – 16 Oktober 2016).

Dengan lintasan beraspal memang banyak drama yang terjadi hingga 4 SS. Para pereli yang turun pun dituntut wajib menyiapkan strategi tepat pada kendaraan hingga handling agar dapat mencapai garis finish secepat mungkin. Tapi pastinya lintasan sepanjang 5,2 kilometer di Canti Dharma – Sentul, tersedia beragam obstacle tersedia hingga yang ‘kasat mata’.

“Di sini tidak ada racing line, jadi harus jeli memilih jalur yang sesuai dengan kemampuan maupun kondisi jeli,” ungkap Julian Johan yang terbiasa melibas medan offroad dengan mobil 4×4 nya.

Terbukti dengan perbedaan jalur yang dilalui oleh 50 pereli dalam Kejurnas Sprint Rally 2016 putaran 3 dengan dukungan beberapa sponsor salah satunya GT Radial. Beberapa mobil pun harus mengalami kendala setelah terkena ‘jebakan betmen’. Debu hingga pasir yang terangkat pasca banyaknya mobil melintas sehingga beberapa kendaraan harus rela sliding atau hilang kendali.

“Alhamdulillah, walau ada empat mobil yang gagal menyelesaikan seluruh SS tetapi secara keseluruhan kejurnas Sprint Rally 2016 putaran ketiga ini. Lintasan di sini sangat menantang karena peserta diwajibkan akurat memilih jalur agar tidak kehilangan waktu,”ungkap Fachrul Sarman sebagai ketua penyelenggara.

Penobatan juara juga  dihadiri langsung oleh mantan Komanddan PMPP TNI, Mayjen TNI AM Putranto yang saat ini telah menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad. Dalam kesempatan tersebut AM Putranto secara spontan menyerahkan piala juara ini yang digelar Sport Hall PMPP TNI dalam suasana sore yang cerah.  Sebanyak 50 starters dan officialnya juga turut menghadiri kemeriahan ceremonial winner ini.  

"Saya harap komunitas rally kembali solid dan kembali meramaikan event rally yang digelar di kawasan ini.  Kita tahun lalu bersama-sama pertama kali menghadirkan rally ini dengan susah payah dan dengan semangat kebersamaan yang tinggi.  Tidak boleh tidak ramai oleh peserta, harus selalu ramai diikuti oleh semua komunitas rally yang ada", ucap perwira tinggi penggemar offroad ini saat menyampaikan kata sambutan saat penobatan juara - menaggapi berkurangnya jumlah starter di tahun ini. (Noor Irawan)

BAGIKAN

0 comments: