Saturday, 19 November 2016

Marinir Gelar Kursus Instruktur Vertical Rescue dan Mountenering

Guna meningkatkan kapasitas dan kualitas personel, pusat latihan tempur marinir (Puslatpurmar) Teluk Ratai Lampung, bekerjasama dengan sekolah Panjat Tebing Merah Putih pimpinan Tedi Ixdiana, melaksanakan kursus dan pelatihan teknik vertical rescue dan pengetahuan mountenering. Kegiatan selama tiga hari tersebut digelar pada 16-18 November 2016 yang bertempat di Puslatpurmar-8  Teluk Ratai Lampung.

Danpuslatpurmar-8 Teluk Ratai Mayor Marinir Nandang Permana Jaya, menjelaskan teknik vertical rescue sendiri adalah bagian dari operasi SAR yang dilibatkan pada saat evakuasi atau pemindahan korban pada medan khusus vertikal atau terjal serta dapat digunakan untuk kepentingan operasi tempur dalam menghadapi medan-medan khusus seperti tebing yang curam. 

"Ini adalah teknik memindahkan objek ke lokasi yang lebih aman,  untuk materi pertama mengenai teknik keselamatan diri, kemudian pengenalan peralatan vertical rescue dan teknik simpul tali temali," ujar Mayor Mar. Nandang Permana Jaya.

Vertical Rescue adalah suatu Teknik Evakuasi (memindahkan ke lokasi yang lebih aman) objek (baik barang maupun manusia/korban) dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya, pada medan yang curam/vertical baik kering maupun basah.

Dalam latihan ini selama 3 hari personel Puslatpur dilatih dengan berbagai materi pelatihan, diantaranya: Rock Climbing Introduction (pengenalan panjat tebing), Belay System (teknik pengamanan pemanjat), Free Climbing (memanjat bebas), Top Rope Climbing (pemanjatan tali terpasang), Leading Climbing (pemanjatan perintisan), Ascending (memanjat menggunakan alat mekanik), Descending (turun menggunakan tali), Knot and Hitch (teknik simpul dan jerat), Anchoring (pemasangan pengaman), Topping Aut at The Anchor (lepas libat), Belay Escape (lepas beban), Hauling and Lowering (menaikan dan menurunkan beban), Aid Climbing (pemanjatan dengan bantuan) dan Pengenalan Vertical Rescue. “Teknik ini dilakukan oleh pemanjat perintis dengan memasang pengaman pada titik tertentu," ujarnya.

Kursus Instruktur Vertical Rescue dan Mountenering ini diakhiri  dengan pemberian sertifikat kepada para peserta latihan yang diberikan oleh Kepala sekolah Panjat Tebing Merah Putih Tedi Ixdiana yang didampingi oleh Danpuslatpurmar-8 Teluk ratai Lampung. (Noor Irawan)

BAGIKAN

0 comments: