Wednesday, 7 December 2016

Indonesia Pastikan ke Final AFF Cup 2016 Setelah Imbangi Vietnam

Tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia akhirnya memastikan diri lolos ke Final Piala AFF 2016. Hal tersebut ditunjukkan dalam laga lanjutan leg kedua semifinal Piala AFF 2016 dengan bermain imbang 2-2 melawan tuan rumah Vietnam yang digelar di Mỹ Đình National Stadium, Hanoi, Rabu (7/12/2016) malam ini .

Di babak pertama, tuan rumah Vietnam langsung tancap gas dengan menggempur pertahanan Indonesia. Di lima menit pertama nampak lini belakang Indonesia dibuat kocar-kacir meladeni permainan cepat para striker tuan rumah.

Beberapa peluang emas berhasil diciptkan para pemain tuan rumah. Beruntung penampilan apik Kurnia Meiga di bawah mistar mampu selamatkan gawang Indonesia dari kebobolan.

Lepas 20 menit laga berjalan, terlihat Indonesia belum bisa keluar dari tekanan bertubi-tubi yang dilancarkan tuan rumah. pasukan Alfred Riedl hanya mampu sesekali membalas lewat serangan balik yang hasilnya masih nol besar. Kurangnya support dari lini kedua membuat Boaz di lini depan kesulitan mengembangkan permainan.

Di babak kedua, kendali permainan nampak masih dikuasai para peman Vietnam. Tapi alaih-alih memecah kebuntuan, tuan rumah justru dikejutkan dengan gol dari Indonesia di menit ke 55′.

Berawal dari sebuah serangan balik. Boaz Salosa melepaskan umpan tarik yang gagal di amankan dengan sempurna oleh kiper tuan rumah. Bola liar yang menyentus mistar langsung disambar Stetafono Lilypali untuk mejebol gawang Vietnam. Skor 0-1 untuk keunggulan Indonesia, agregat 1-3.

Keberuntungan kembali didapat Timnas Indonesia di menit ke-76. Secara tiba-tiba wasit Fu Ming mengeluarkan kartu merah untuk kiper Tran Nguyen Manh. Tampaknya, kartu merah itu disebabkan protes keras yang dilakukan Nguyen Manh.

Sial bagi Vietnam, pelatih Nguyen Huu Thang sudah menghabiskan jatah pergantian tiga pemain. Alhasil, peran Nguyen Manh digantikan salah satu pemain Vietnam. Namun sayang, Timnas Indonesia malah gagal mempertahankan keunggulan 1-0.

Tuan rumah Vietnam mampu membuka asa menyusul gol yang diciptakan Vu Van Thanh di menit ke 79′. Berawal dari sebuag et piece tendangan bebas, umpan pendek pada  Vu Van Thanh langsung disambar denfan sebuah sepakan keras yang menghujam gawang Kurnia Meiga. Skor kembali imbang 1-1.

Pertandingan makin menarik di lima menit akhir babak kedua. Tuan rumah Vietnam terus mengurung pertahanan Indonesia. Dan petaka pun datang bagi skuad Garuda di menit injuri time menyusul gol kedua tuan rumah dari kaki Yu Minh Tuan. Skor 2-1 berbalik untuk keunggulan Vietnam. Skor tersebut bertahan hingga bubaran, sehingga laga harus dilanjutkan ke babak ektra time 2×45 menit.

Dalam perpanjangan waktu 2×15 menit, keuntungan diperoleh anak asuh Alfred Riedl. Pemain yang bukan kiper ini akhirnya membuat kesalahan fatal. Lima menit perpanjangan waktu, Ferdinand Sinaga diganjal di kotak penalti.

Penalti diambil Manahati Lestussen, gol, skor berubah menjadi 2-2. Kejadian kontroversial terjadi saat Rizky Pora yang menggiring bola didorong oleh Tran Ding Dong dan penjaga gawang yang bukan penjaga gawang menahan laju Rizky Pora. Wasit menunjuk titik penalti, tapi keputusan berubah setelah hakim garis menyatakan bukan pelanggaran. Skor tetap 2-2 hingga perpanjangan waktu pertama selesai

Dalam perpanjangan waktu kedua, pemain pemain vietnam mencoba mengurung, beberapa peluang tercipta, tapi tidak ada lagi gol tercipa. Indonesia akhirnya unggul aggregat 4-3 dan memastikan lolos ke Babak Final Piala AFF 2016. Pada laga leg 1 yang digelar pada Sabtu (3/12/2016) lalu Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 2-1. 

Ini adalah kali kelima Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF. Namun, empat kesempatan sebelumnya gagal dimaksimalkan menjadi juara. Sukses kali ini pun memberikan kesempatan kepada Timnas Indonesia untuk mengakhiri kutukan mereka di final Piala AFF.  (Noor Irawan)

Berikut ini adalah susunan pemain Vietnam Vs Indonesia:
Vietnam (4-3-3): Tran Nguyen Manh; Truong Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Nguyen Trong Hoang, Luiong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung; Nguyen Van Toan, Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet
Pelatih: Nguyen Huu Tang

Indonesia (4-2-3-1): Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah, Rizky Pora, Stefano Lilipaly; Boaz Solossa
Pelatih: Alfred Riedl

BAGIKAN

0 comments: