Friday, 20 January 2017

Luis Milla Akan Bawa Gaya Permainan Sepakbola Indonesia Seperti Spanyol

Pelatih baru Timnas sepakbola Indonesia, Luis Milla, ingin mengubah gaya permainan sepakbola Tanah Air ke gaya permainan sepakbola tim Spanyol. Milla mengatakan seperti itu karena ingin memperbaiki bagaimana teknik permainan Timnas Indonesia.

Meskipun masih awam dengan gaya permainan Indonesia, pelatih berusia 50 tahun itu bertekad semaksimal mungkin membagi ilmunya.Modal pengalaman menjadi pelatih di Spanyol akan dibawanya ke Indonesia.

"Saya memiliki pengalaman di Spanyol dengan menjadi pelatih timnas di sana. Nantinya saya akan mencoba menemukan tim yang hampir sama ketika saya menangani Timnas Spanyol," kata Milla saat perkenalan terhadap dirinya di Kantor PSSI, komplek Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (20/1/2017).

Terlebih, pilihannya adalah pemain yang sesuai dengan gaya bermain tim Spanyol karena PSSI memilihnya untuk menerapkan permainan gaya Spanyol. "Permainan Spanyol sangat khusus dan cukup sulit diterapkan. Saya akan coba praktekkan di Indonesia," kata Milla.

Tercatat, bersama Milla, Timnas Spanyol di level U-21 sukses meraih gelar juara Piala Eropa tahun 2011. Tak hanya mempersembahkan gelar juara, anak-anak didik Milla juga banyak bertebaran di Eropa, seperti David de Gea dan Juan Mata.

Akan tetapi untuk mengimplementasikan permainan Spanyol ke Indonesia bukan hal yang mudah. Sebab, dari awal saja cara permainan Timnas Indonesia sudah jauh berbeda dengan Spanyol.

"Sebelum saya ingin mengubah gaya sepak bola seperti Spanyol, saya harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan kepengurusan PSSI dan Direktur Teknik. Saya akan tetap berprofesional untuk mengembangkan permainan Timnas Indonesia agar bisa berprestasi," kata Milla.

Pelatih berusia 50 tahun itu dikabarkan akan kembali ke Spanyol pada Sabtu (21/1/2017) untuk menyiapkan dokumentasi-dokumentasi penting ke Indonesia mengenai detail program pelatihannya pada 31 Januari mendatang. Nantinya, Milla akan mulai melakukan sesi latihan perdana pada 8 Februari 2017 mendatang dengan ditemani dua asisten pelatihnya asal Spanyol. (Noor Irawan)


BAGIKAN

0 comments: