Monday, 16 January 2017

Presiden Jokowi Jajal Panser Anoa Amfibi Buatan Pindad

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan untuk melakukan uji coba Panser Anoa Amfibi dengan menyeberangi danau yang berada di kompleks Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (16/1/2017). Uji coba ini menjadi salah satu kegiatan sebelum menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI Tahun 2017 yang diikuti 184 peserta.

Di bawah guyuran hujan, Presiden Jokowi yang mengunakan jas berwarna hitam tetap melaksanakan uji coba Panser Anoa Amfibi itu. Dengan didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Presiden Jokowi menyeberangi danau sepanjang sekitar 300 meter dengan kedalaman kurang lebih 3 meter ini dengan menaiki panser yang baru dibeli dan dibuat dari  dari PT Pindad ini.

Ikut dalam uji coba panser ini beberapa menteri Kabinet Kerja di antaranya Menko Maritim Luhut Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Menlu Retno Marsudi, Kapolri Tito Karnavian beserta Kepala Staf dari ketiga angkatan.

Presiden menaiki Panser Anoa Amfibi dari gerbang utama Mabes TNI (Pintu Delta I) langsung menuju danau dan berakhir di Aula Gatot Soebroto guna memberi pengarahan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2017.

Panser Anoa Amphibi yang dinaiki Presiden Jokowi ini dikendarai oleh dua orang anggota Korps Wanita TNI AD (Kowad) bernama Serda (K) Lutfiah dari Pusat Kesenjataan TNI AD (Pussenif) dan Serda (K) Melysa Situmorang dari Pusat Pendidikan Infantri (Pussenif)TNI AD. Selama dua minggu mereka harus menjalani pelatihan khusus sebelum menerima tugas sebagai awak panser Anoa.

Setelah turun dari Panser, Presiden Jokowi memberi hormat kepada dua anggota Kowad tersebut. "Setelah turun dari Panser Pak Presiden mengucapkan terima kasih karena kegiatan lancar dan aman," ujar Serda Melysa.

Spesifikasi dari Panser Anoa Amfibi ini yakni konfigurasi 6x6 dengan panjang 6 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 2,63 meter, berat 12,5 Ton, kapasitas bahan bakar 200 Liter dan kecepatan 80 Km per jam di jalan raya atau 30 Km per jam "Off Road" serta 10 Km per jam di dalam air.

Pada pelaksanaan Rapim TNI yang akan digelar hingga 19 Januari mendatang ini juga diadakan Pameran Alat Peralatan Pertahanan (Alpalhan) dan Pameran Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) Dalam Negeri bertempat di lapangan apel Gedung B III Mabes TNI Cilangkap yang juga ditinjau oleh Presiden Jokowi.

Peserta Pameran Alpalhan sendiri menampilkan Satuan Elit TNI AD, TNI AL, TNI AU, Balitbang Kemhan, Dislitbangad, Dislitbangal, Dislitbangau, PT Pindad, PT DI, PT PAL, PT Dahana, dan PT LEN.

Sedangkan Pameran Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) menampilkan TV Besar dan Maket Sawah, Seeder/demo, Traktor, Transplanter, Dryer, Rice Miller 10 Ton/demo, Rice Miller 20 Ton/demo, Beras dan Produk Makanan. (Noor Irawan)


BAGIKAN

0 comments: