Wednesday, 15 February 2017

Melenggang Mulus Menuju Batu 1, Dewanti Akan Lanjutkan Program Yang Telah Berjalan

Dewanti Rumpoko tampaknya bakal melenggang mulus ke kursi wali kota Batu. Ini setelah dalam Pilkada serentak, Rabu (15/2/2017), Dewanti Rumpoko yang berpasangan dengan Punjul Santoso memperoleh suara mencapai 44,23 persen atau meninggalkan perolehan suara tiga Paslon pesaingnya dalam Pilkada serentak Kota Batu.

"Puji syukur Alhamdulillah, kami menang dalam Pilkada Kota Batu meski sementara dari hitung cepat LSI dan lembaga survei lainya," kata Dewanti Rumpoko ditemui di kantor DPC PDIP Kota Batu, Rabu (15/2/2017) malam.

Dijelaskan Dewanti, sebenarnya perolehan suara sementara hasil hitung cepat Pilkada Kota Batu diluar harapannya. Ini setelah sebelumnya ia berharap memperoleh suara dalam Pilkada mencapai sekitar 50 persen.

Ini dikarenakan dalam survei yang dilakukan memperlihatkan tingkat kepuasan rakyat Batu terhadap Pemerintahan Kota Batu dibawah suaminya, Eddy Rumpoko mencapai lebih dari 80 persen. Terlebih lagi, laporan dari para relawan dan masyarakat Kota Batu yang ditemuinya menunjukkan tingkat elektabilitasnya cukup tinggi.

"Maka dari itu, kamipun berharap bisa mendapatkan suara minimal 50 persen, tapi bila kenyataanya cuma dapat 44,23 persen versi hitung cepat LSI ya disyukurilah," ucap Dewanti.

Mengenai program kerja yang akan dilakukan bila sudah dilantik sebagai Wali Kota Batu, dikatakan Dewanti Rumpoko, dirinya akan melanjutkan program yang sudah ada dan berjalan dengan baik.

Meski demikian, program baru akan dijalankannya dengan target membangun desa dari pinggiran. Dimana pemberdayaan dan pengembangan desa termasuk pariwisata akan disesuaikan dengan ciri khas masing-masing desa. 

Dengan demikian masyarakat desa di pinggiran akan bisa memetik manfaat dari pembangunan dan tidak tertinggal dari desa di perkotaan. "Itu program kerja yang akan kami lakukan," ucap Dewanti Rumpoko.

Selain itu, ungkap Dewanti, untuk program pendidikan yang sudah berjalan baik akan diteruskan, sedangkan untuk program kesehatan akan ditingkatkan. Terutama dalam program bagi masyarakat yang bergaji di bawah UMK akan menjadi target dimasukkan dalam program BPJS.

Hal itu untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Batu. "Namun kami harus melihat dan berhitung dengan kekuatan APBD dahulu," ucap Dewanti Rumpoko.

Untuk Birokrasi Pemkot Batu, menurut Dewanti, menjadi PR besar baginya. Terutama soal kedisiplinan ASN (Aparatur Sipil Negara) yang dirasa cukup rendah, kemampuan pelayanan pada masyarakat kurang maksimal, dan penempatan SDM dari ASN yang kurang sesuai dengan kompetensinya.

"Kami akan evaluasi dan tata semuanya untuk meningkatkan kualitas birokrasi Pemkot Batu," tandas Dewanti Rumpoko.

Sementara Wakil Wali Kota Batu, H Punjul Santoso yang menjadi pasangan Dewanti Rumpoko menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan masyarakat Kota Batu kepadanya. Terima kasih juga disampaikan kepada segenap elemen Parpol Pengusung PDIP dan Pendukung Partai Golkar, Partai Gerindra, dan PKS dalam Pilkada serentak Kota Batu.

Untuk itu, dirinya berjanji akan berupaya menjalankan amanah sebaik-baiknya mendampingi Wali Kota Dewanti Rumpoko.

"Kami pastikan tidak akan ada perubahan signifikan terhadap program yang telah berjalan baik di Kota Batu. Dan nantinya juga akan ada program baru sesuai visi misi kami dalam pembangunan Kota Batu yang akan dituangkan dalam RPJMD Kota Batu nantinya," kata Punjul Santoso.

Hanya saja, dikatakan Punjul Santoso, untuk saat ini hingga 10 bulan kedepan pihaknya akan konsentrasi dan bekerja penuh bersama Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko dalam menyelesaikan program-progam pembangunan dalam RPJMD.

Hal itu dilakukan agar nantinya tidak ada utang program yang belum terselesaikan oleh dirinya bersama Wali Kota Eddy Rumpoko.

"Maka dari itu, kami akan bekerja penuh meneruskan masa bakti hingga habis nanti, sebelum melanjutkan bekerja dengan ibu Dewanti," tutur Punjul Santoso. (Noor Irawan/Surya)


BAGIKAN

0 comments: