Friday, 24 February 2017

Pemerintah Indonesia Siap Sambut Kedatangan Raja Salman

Kementerian Luar Negri (Kemenlu) mentarakan siap untuk menyebut kedatangan Raja Arab Saudi, Salman Abdulaziz Al Saud yang akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 1 Maret hingga 9 Maret 2017 mendatang. Raja Salman dalam kunjungannya tersebut bertujuan memperkuat kerjasama bilateral yang semakin intens.

Juru Bicara (Jubir) Kemenlu, Arrmanatha Nasir mengatakan, ini merupakan kunjungan bersejarah, karena kunjungan terakhir Raja Arab Saudi ke Indonesia yakni, 47 tahun yang lalu. "Kunjungan Minggu depan ini akan menjadi puncak atau crown, untuk momen yang semakin baik ini," ujarnya, Kamis (23/2/2017).

Menurut Arrmanatha, kerja sama tidak hanya seputar haji dan tenaga kerja Indonesia (TKI), tapi juga peningkatan investasi dan perdagangan. "Perluasan investasi tidak hanya bidang energi. Arab Saudi berniat terlibat dalam pembangunan infrastruktur, termasuk pembangunan jalan, perumahan, air bersih, dan lainnya," jelasnya.

Sejauh ini RI dan Arab Saudi sudah menyepakati lima MoU di berbagai bidang, termasuk kebudayaan, kesehatan, urusan Islam dan wakaf, operasi pelayanan udara, dan pemberantasan kejahatan.

Raja Salman akan diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor dan akan berada di Jakarta pada 1-4 Maret dan melanjutkan kunjungannya ke Bali. Polda Bali menyatakan siap melakukan pengamanan maksimal.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Bali, AKBP Hengky Wijaya menuturkan, koordinasi lintas sektor dan rapat dengan pihak Pemprov Bali sudah dilakukan. Kita melakukan pengamanan extra estimate terhadap Raja Arab Saudi selama berada di Bali,” papanya.

Pesawat rombongan tersebut terdiri dari 4 pesawat Boeing B747 seri 400 dan 200, 2 pesawat Boeing B777, dan 2 pesawat C-130 Hercules. Humas Ditjen Perhubungan Udara Agoes Soebagio mengatakan rekayasa parkir pesawat telah dirancang. Sebuah posko penyambutan di bawah TNI-AU pun telah dipersiapkan.

Sementara itu Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menambahkan, komunitas penerbangan pun juga siap menyambut kunjungan Raja Arab Saudi tersebut. 

“ Kami akan menyambut rombongan tamu negara dengan baik, sesuai standard prosedur operasi yang berlaku di penerbangan untuk tamu VVIP dan kami akan memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan rombongan tamu negara di bandara," ujar Budi. (Himawan Aji)

BAGIKAN

0 comments: