Friday, 10 February 2017

Rusunawa Untuk Prajurit Grup C Paspampres Diresmikan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan meresmikan pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) yang diperuntukkan bagi para prajurit Pasukan Grup C Pengamanan Presiden (Paspampres) yang bermarkas di Lawang Gintung, Bogor. Adanya Rusunawa tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan hunian bagi keluarga serta meningkatkan semangat tugas bagi Paspampres.

“Rusunawa ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap para prajurit yang bertugas sebagai Paspampres,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Direktur Rumah Khusus Crist Robert Panusunan Marbun saat meresmikan Rusunawa Paspampres di Markas Komando Grup C Paspampres yang berada di Jalan Sekip Lawang Gintung, Bogor, Jumat (10/2/2017).

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Erizal serta Direktur Operasional PT Brantas Abipraya M Nasir serta ratusan prajurit Paspampres Grup C. Syarif menjelaskan, setidaknya ada dua tower Rusunawa yang dibangun oleh Satuan Kerja Penyediaan Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan bagi para prajurit Paspampres.

Rusunawa sebanyak dua tower tersebut dibangun secara bertahap selama dua tahun yakni 2015 dan 2016. Berdasarkan data yang ada, Rusunawa tersebut dibangun di atas lahan milik Kemenhan dengan tipe 45 meter persegi dan total 35 unit per tower. Hunian vertikal berlantai tiga tersebut telah dilengkapi dengan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) seperti jalan lingkungan, saluran air.

Dua Rusunawa tersebut dibangun oleh kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya dengan nilai kontrak masing-masing tower Rp12,98 miliar dan Rp13,31 miliar. Untuk tower yang dibangun pada tahun 2016 unit Rusun telah dilengkapi meubelair seperti meja tamu dan sofa, meja dan kursi makan, lemari pakaian, serta tempat tidur di tiap kamar.

“Kami berharap prajurit Paspampres beserta keluarganya bisa lebih nyaman saat menghuni Rusunawa ini,” harapnya.

Lebih lanjut, Syarif menuturkan, saat ini bangunan Rusunawa yang didominasi cat warna krem tersebut sudah berdiri kokoh di Mako Paspampres. Dirinya yakin adanya hunian tersebut dapat menambah semangat para prajurit dalam mengemban tugas sebagai Paspampres dan membuat keluarganya hidup lebih nyaman.

“Kami serahkan Rusunawa ini kepada Paspampres agar segera dihuni dan dikelola dengan sebaik-baiknya. Rawatlah Rusunawa ini seperti tinggal di rumah sendiri,” ujarnya.

Seperti diketahui, hingga saat ini, masih belum banyak prajurit Paspampres yang belum memiliki rumah sendiri. Terkait kondisi perumahan bagi Paspampres saat ini, kebutuhannya masih cukup tinggi. Saat ini Paspampres baru memiliki 933 perumahan yang tersebar di beberapa wilayah seperti Tanah Abang (192 rumah), Bojong Nangka (350 rumah), Bermis Kelapa Dua (147 rumah), Lawang Gintung Bogor (195 rumah), Kalibata (31 rumah), Bulakrantai (6 rumah) dan Sukasari Bogor (12 rumah).

Untuk diketahui, Paspampres merupakan Badan Pelaksana Mabes TNI yang bertugas melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat kepada Presiden, Wakil Presiden , mantan Presiden dan mantan Wakil Presiden beserta keluarganya, serta Tamu Negara setingkat Kepala Negara/ Pemerintahan dan Protokoler Pemerintahan. Mereka dituntut memiliki kesiapsiagaan yang tinggi. (Noor Irawan)



BAGIKAN

0 comments: