Tuesday, 28 February 2017

TNI-Polri Siap Amankan Kunjungan Raja Salman dan KTT IORA

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siap mengamankan kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud dan pelaksanaan Konfrensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) ke-20 di Indonesia dengan menggelar Apel Kesiapan Pasukan Gabungan Pengamanan VVIP.

“Tugas pengamanan VVIP ini tidak boleh dianggap ringan, sesuatu bisa terjadi oleh karena itu TNI selalu mengantisipasi dan mewaspadai sejak dini,” kata Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi selaku Panglima Komando Gabungan Pengamanan (Pangkogabpam) VVIP  saat menjawab pertanyaan media usai memimpin Apel Gelar Pasukan Gabungan Pengamanan VVIP untuk dua acara tersebut di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/2/2017).

Terkait adanya dugaan serangan teroris seperti yang terjadi di Bandung beberapa waktu lalu, menurut Pangkostrad,  kewaspadaan TNI juga diwujudkan dengan menggelar Apel Pasukan Pengamanan  VVIP seperti ini. “Semua sudah diantisipasi, sampai saat ini tidak ada penambahan pasukan yang bertugas langsung dalam pengamanan VVIP ini,” ujar alumni Akmil tahun 1985 ini.

Lebih lanjut mantan Pangdam I/Bukit Barisan ini juga menyampaikan bahwa, apel pasukan pengamanan VVIP  yang digelar saat ini, merupakan unsur pimpinan dan pasukannya serta Alutsista TNI yang dikerahkan. “Untuk pengamanan Raja Arab Saudi Salman mulai tanggal 1 s.d. 9 Maret 2017, selanjutnya juga bersamaan dengan pelaksanaan KTT IORA mulai tanggal 5 s.d. 7 Maret 2017,” ujar mantan Panglima Divisi Infanteri (Pangdiv) 1 Kostra ini.

“Kekuatan pengamanan VVIP pada kunjungan kenegaraaan Raja Arab Saudi dengan jumlah 7.084 personel TNI-Polri, sedangkan untuk pengamanan KTT IORA ke-20 dengan jumlah 12.000 personel TNI-Polri,” ujar pria yang juga menjadi Ketua Umum PSSI ini mengakhiri. (Noor Irawan)

BAGIKAN

0 comments: