Wednesday, 1 March 2017

Pesawat Yang Ditumpangi Raja Salman Mendarat Mulus di Bandara Halim

Pesawat Saudi Arabia jenis Boeing 747-400 yang ditumpangi Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud akhirnya mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Rabu (1/3/2017). Begitu turun, Raja Salman disambut Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rombongan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sekitar pukul 12.35 WIB. Selain Presiden, nampak Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga ikut menyambut di Raja Salman. Setelah itu, semua mengikuti prosesi penyambutan di ruang kedatangan VVIP Sasana Manggala Praja.

Dari Bandara Halim Perdanakusuma, Presiden Jokowi dan Raja Salman akan langsung melakukan pertemuan di Istana Bogor. Bertolak ke Bogor, Presiden Jokowi tidak satu mobil dengan Raja Salman. Keduanya juga tidak beriringan ke Istana Bogor.

Presiden Jokowi bertolak ke Istana Bogor terlebih dahulu disusul oleh Raja Salman beserta rombongan sekitar 20 menit kemudian. Kunjungan kenegaraan di Istana Bogor sendiri baru dimulai pukul 13.15 WIB.

Raja Salman akan memasuki kawasan Istana Bogor dengan dikawal parade lengkap dari pasukan berkuda, Paspampres, dan pasukan Nusantara. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan menyambut untuk kedua kalinya kedatangan Raja Salman dan rombongan. Di Istana Bogor,sejumlah kegiatan akan dijalani. Pasukan kehormatan lengkap dengan drum band sudah bersiap.

Selepas itu, Raja Salman dan Jokowi melaksanakan pemeriksaan pasukan. Keduanya kemudian menaiki mobil golf untuk mengelilingi Istana Bogor. Di sana dilaksanakan pertemuan empat mata antara Jokowi dengan Raja Salman.

Mobil golf berjalan dari depan halaman istana mengelilingi bundaran melalui sayap kanan gedung utama untuk menuju ke halaman belakang istana. Keduanya turun di depan balkon istana untuk melaksanakan foto bersama. Selain Jokowi dan Raja Salman, pangeran Arab juga akan ikut berfoto bersama.

Rombongan kemudian menuju tempat penanaman pohon di taman sisi kiri istana. Raja Salman dan pangeran akan menanam pohon Kayu Besi dan Kenari. Keduanya kemudian menuju ke beranda Istana untuk menandatangani buku tamu dan melakukan Veranda Talk.

Raja Salman dan Jokowi masuk kembali ke dalam istana untuk jamuan makan siang. Usai makan siang, kedua kepala negara beserta menteri terkait akan melakukan pertemuan bilateral dan menandatangani sejumlah Memorandum of Understanding (MoU).

Sebelum meninggalkan Istana Bogor, Raja Salman akan menerima penganugerahan kehormatan tertinggi Bintang Republik Indonesia Adipurna. Bintang kehormatan ini diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi. (Noor Irawan)

BAGIKAN

0 comments: