Monday, 10 April 2017

HUT TNI AU : ‘Sayap Tanah Air’ Jaya Selalu

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto diatas kendaraan taktis TNI AU menginspeksi pasukan (Foto : Adri Irianto)

 Peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara ke-71  berlangsung meriah dengan parade pasukan, drum band Gita Dirgantara AAU, demo darat dan demo udara di taxyway Landasan Udara Halim Perdanakusuma Minggu (9/4).

Upacara dipimpim Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada pukul 08.00 WIB dengan dikuti oleh 1600 orang personel dan 132 pesawat terdiri dari Sukhoi 27/30, F-16, T-50i, Hawk 109/209, EMB-314, Boeing, C-130 Hercules, CN-295/235/235 MPA, EC-120 B, NAAS 332/ SA -330/C-725, Grob G-120 TP, KT-1 Woong Bee, T-41 Cessna, dan UAV dan berbagai jenis helikopter serta kendaraan tempur pertahanan serangan udara.

Pada peringatan HUT ke-71, TNI AU mengajak masyarakat umum menyaksikan kesiapan pada demo yang ditampilkan anggota TNI AU dalam menjalankan tugas. 

Demo darat menampilkan  pembebasan sandera (Basra) yang melibatkan 90 personel Satuan Detasemen Bravo (Satbravo'90) yang sangat singkat.

Demo udara menggelar fly past pesawat latih, fly past pesawat helikopter, fly past pesawat angkut, fly past pesawat tempur, maupun penampilan aerobatik udara Jupiter Aerobatic Team. 

Demonstrasi penanggulangan terorisme oleh Den Bravo
Kemudian diikuti pertempuran udara pesawat Sukhoi dengan F-16, manuver Bomb Burst, Hi Speed Pass F-16 dan Sukhoi menggunakan flare, simulasi serangan udara langsung (SUL), melakukan simulasi penyelamatan sandera dari teroris, simulasi bantuan tembakan udara (BTU) serta terjun payung operasi perebutan dan pengendalian pangkalan udara (OP3U) yang dikuasai musuh.

Dalam amanatnya, Kasau menegaskan kepada seluruh personel TNI AU untuk menjadikan peringatan HUT ini sebagai introspeksi, apakah TNI AU saat ini telah mampu memainkan peran, tugas dan fungsinya sebagai penjaga kedaulatan. 

Karena itu lebih lanjut Kasau menekankan kepada seluruh airmanship untuk selalu bertindak dan bersikap sesuai kode etik Prajurit TNI yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 wajib TNI, dan 11 azas kepemimpinan dan juga mengedepankan faktor keselamatan terbang dan kerja yang merupakan tolak ukur keberhasilan setiap embanan tugas. 

Peringatan HUT ke-71 TNI AU ini bertemakan ”Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyal dan Profesional, TNI AU Bersama Rakyat Siap Menjaga Kedaulatan Dan Keutuhan NKRI”. 

Swa Bhuwana Paksa…

Foto dan Teks: Adri Irianto/ZonaSatu

BAGIKAN

0 comments: