Sunday, 9 April 2017

Rizal Sungkar Menangi Kejurnas Sprint Rally seri 1 di Lintasan Canti Dharma PMPP TNI Sentul

Berakhir sudah kegiataan Kejuaraan Nasional King of Kings Retro Sprint Rally 2017. Total sebanyak 64 peserta mengikuti ajang yang berlangsung sejak 7-9 April ini di Sirkuit Canti Dharma Park-PMPP Tarmac Super Special Stage, Sentul, Jawa Barat.

Setelah sebelumnya sempat memimpin di hari pertama, pereli senior yang tergabung dalam Pertamax Motorsport Rally Team, Rizal Sungkar tampak mendominasi jalannya lomba. Di kelas M1 misalnya, Rizal yang bertandem dengan Endrue Fasa, berhasil mengalahkan sang kakak, Rifat Sungkar yang dinavigatori Ervian Sujono, juga dari tim Pertamax Motorsport.

Rizal akhirnya berhasil keluar sebagai juara pertama di kelas M1 dengan total catatan waktu 19 menit 13,2 detik. Sementara itu Rifat Sungkar berada di posisi kedua  dengan  catatan waktu 19 menit 52,1 detik. Rizal dan Rifat juga berhasil menggondol masing-masing juara 1 dan juara 2 Grup M serta Juara 1 dan Juara 2 Kejuaraan Umum pada Kejurnas Sprint Rally putaran pertama ini.

Di hari kedua ini, para pereli menjalani SS 3 dan SS4 dengan arah lintasan yang berbeda dibandingkan dengan  hari pertama, yang tentunya menciptakan tantangan berbeda bagi seluruh peserta. Lintasan sirkuit Canti Darma PMPP TNI sepanjang 5,75 kilometer ini pun terasa lebih menantang, turunannya lebih kencang, namun tikungan – tikungannya menjadi semakin  tajam dan lebih sempit sehingga dibutuhkan kehati-hatian.

Dengan konsistensi tinggi dan pacenote yang tepat, Rizal berhasil menyelasaikan SS3 dan SS4 tanpa kendala berarti, bahkan di SS3 Rizal kembali mejadi yang tercepat dengan catatan waktu 4 menit 46,7 detik. “Alhamdullilah kami berhasil meraih juara pertama pada Kejurnas Sprint Rally putaran pembuka, semoga pada putaran-putaran selanjutnya kami dapat tampil lebih kompetitif dengan peserta yang lebih banyak lagi.” tutur Rizal Sungkar.

Sedangkan Rifat Sungkar yang berpasangan dengan Hervian Soejono pada hari Minggu (9/4/2017) pagi tadi mendapat kesempatan pertama menggeber Mitsubishi Lancer Evolution X, kendaraan yang sama yang juga digunakan Rizal Sungkar. Pada SS3, Rifat mengalami insiden kecil, saat menghindari lubang yang berada di lintasan.

Hal ini yang menyebabkan ban kiri depannya pecah yang juga berakibat pecahnya velg. Namun ia tetap  berhasil mencapai garis finish walaupun dengan kondisi velg dan ban depan kir yang pecah sejauh 4 kilometer. Akibat insiden tersebut, torehan waktu Rifat  menjadi 5 menit 12,8 detik. Kendati demikian, Rifat tetap berada di posisi kedua kelas M1, hal ini dikarenakan Ryan Nirwan yang berada di posisi ketiga kelas M1 juga mengalami kendala serupa di SS3.

Untuk menghindari insiden di SS3 terulang, para pereli Pertamax Motorsport Team beserta tim mekanik berdiskusi untuk menentukan ban dan velg yang akan digunakan pada SS4. Dan usaha ini pun membuahkan hasil, terlihat di SS-4 baik Rifat dan Rizal dapat menyelesaikan lomba dengan baik sekaligus mempertahankan posisinya di posisi pertama dan kedua.

Dalam lomba yang berlangsung sebanyak 4 SS tersebut Rizal/Endru menoreh total catatan waktu 19 menit 13,2 detik. Sedangkan Rifat/Hervian menoret total waktu 19 menit 52,1 detik.Untuk posisi ketiga ajang tersebut ditempati pereli BRM Motorsport, Ryan Nirwan bersama Adi Indiarto yang memacu Subaru Impreza WRX dengan total waktu 20:15,7. Posisi keempat pereli BRM Motorsport lainnya, Muliana Saleh/Robby Prasetyo dengan Mitsubishi Lancer Evo IX meraih total waktu 20:32,3. Sedangkan posisi kelima ditempati pasangan pereli FBRT Sport, Mago Sarwono/Arianto Syarief bersama pacuan Mitsubishi Lancer Evo X dengan raihan waktu 20:58,1.

Selanjutnya Pertamax Motorsport Rally Team akan kembali mempersiapkan diri dalam Kejurnas Sprint Rally putaran kedua yang akan berlangsung pada 5-6 Mei 2017 di Paramount Land, Serpong yang kegiatannya bersamaan dengan Kejurnas Speed Offroad Indonesian Extreme Offroad Racing (IXOR) putaran kedua. (Noor Irawan)

BAGIKAN

0 comments: