Sunday, 9 April 2017

Rizal Sungkar Unggul di Hari Pertama Kejurnas Sprint Rally Canti Dharma Sentul

Pasangan pereli Rizal Sungjar dan Endrue Fasa yang tergabung dalam Pertamax Motorsport Rally Team, untuk sementara menjadi yang tercepat pada hari pertama Kejurnas Sprint Rally 2017 putaran pertama yang berlangsung di Sirkuit Canti Darma PMPP TNI Sentul, Jawa Barat, pada hari  Sabtu (8/4/2017). Sedangkan rekan satu timnya yang tak lain adalah sang kakak, Rifat Sungkar dengan didampingi Hervian Sudjono berada di posisi kedua dengan selisih waktu 0,9 detik.

Di hari beberapa pereli sempat mengalami kesulitan saat berpacu di lintasan aspal sirkuit Canti Darma PMPP TNI yang berbukit-bukit dengan kareakter lintasan aspal dengan bebatuan lepas. “Lintasannya bagus dan cukup menantang, selain itu lintasan ini juga highspeed, kita start dari atas gunung lalu turun kebawah dan naik lagi, Untuk itu pacenote yang tepat dan konsistensi sangat diperlukan untuk balap kali ini,” ujar Rizal

Pada ajang ini, Rizal dan Rifat sama - sama menggunakan mobil Mitsubishi Lancer Evolution X dan turun di Grup N kelas M1 yaitu mobil yang memiliki spesifikasi active center diff, refecter turbo standar FIA 33 mm. Di SS-1, Rizal Sungkar  menunjukkan performa yang baik, kendati sempat tidak bisa melakukan late breaking namun hal tersebut tidak menjadi kendala untuk dapat menorehkan waktu terbaiknya 4 menit 49,3 detik. 

Sedangkan Rifat pada SS-1 sempat mengalami sedikit masalah pada knalpot mobilnya yang menyebabkan boost mobilnya melemah. Namun , Rifat diuntungkan dengan kondisi cuaca dan lintasan yang tidak terlalu panas, sehingga Rifat tetap dapat memaksimalkan kendaraannya pada saat balapan berlangsung, dapat melibas tikungan yang cukup krusial dengan mulus, sehingga catatan waktunya tetap cukup baik, yaitu 4 menit 51,7 detik.

 Sebelum memasuki SS2, tim mekanik Pertamax Motorsport berhasil mengatasi kendala knalpot yang terjadi sebelumnya, sehingga di SS2 baik Rizal maupun Rifat berhasil menyajikan performa yang memuaskan, dengan menajamkan masing-masing perolehan waktunya sekaligus memimpin di grup N maupun secara umum.

“Reli hari ini sangat seru, karena saya sendiri sudah cukup lama tidak mengikuti reli. Pada hari ini saya masih berusaha beradaptasi baik dengan pacenote maupun settingan mobil yang tepat. Ternyata saya masih dapat bersaing dengan pebalap-pebalap lainnya. Dan saya berharap semoga hal ini memotivasi pebalap-pebalap lain untuk dapat kembali semangat untuk menyemarakan dan memajukan event reli di Indonesia,” kata Rifat

Pada hari Minggu (9/4/2017), para pereliPertamax Motorsport Sprint Rally Team Rifat Sungkar/Hervian Soejono, Rizal Sungkar/Endrue Fasha akan kembali menjalani 2 SS tersisa di sirkuit Canti Darma PMPP TNI Sentul, Jawa Barat. Dimana masing-masing SS akan ditempuh sejauh 5.75 km. (Noor Irawan)

BAGIKAN

0 comments: