Friday, 21 April 2017

TMMD Mendekatkan TNI dan Masyarakat Papua

 Seluruh kegiatan pembangunan yang dikerjakan oleh Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 98  Kodim 1710/Mimika, sampai saat ini masih terus berjalan. Sudah Dua minggu lebih pengerjaan TMMD Ke 98, namun antusias masyarakat dan prajurit yang melaksanakan kegiatan pembangunan tidak sedikitpun berkurang.  Hal ini terlihat dari semangat mereka baik Satgas TMMD maupun masyarakat yang ikut membantu dalam TMMD tersebut.

Sebagian pekerjaan fisik TMMD ke 98 yang telah selesai, sudah mulai dipergunakan oleh masyarakat, karena memang sudah bisa untuk digunakan. Disamping itu pembangunan non fisik berupa pelayanan KB dan kesehatan serta penyuluhan hukum dan wawasan kebangsaan juga telah sukses terlaksana dengan baik.

Kegiatan TMMD merupakan Mutiara kedekatan Prajurit dengan masyarakat yang akan menumbuhkan rasa saling memiliki bagi masyarakat. Kondisi ini mungkin karena masyarakat ikut terlibat dalam pengerjaannya sehingga ada rasa memiliki yang sangat tinggi.

Letda Inf Suardi, Perwira pengawas TMMD Kodim 1710/Mimika yang selalu hadir dalam kegiatan TMMD, di waktu senggang ketika istirahat menyempatkan untuk berkunjung ke rumah masyarakat di lokasi TMMD. Tidak Lupa Letda Suardi membawa Pinang sebagai menu pembuka pembicaraan karena masyarakat Papua menjadikan sirih dan pinang sebagai sarana komunikasi dalam pergaulan dan bersosialisasi dengan masyarakat. Makan pinang juga adalah simbol persahabatan dan kebersamaan serta simbol perdamaian dan keceriaan.

Dalam kesempatan ini, Letda Suardi mengajak Bapak Saverius dan beberapa tetangga Bapak Saverius yang hadir untuk saling bertukar pikiran. Suardi juga memberikan himbauan dan masukan kepada masyarakat agar pola dan cara berpikir masyarakat bisa lebih maju. Disela-sela pembicaraan Letda Suardi juga memberikan candaan sehingga tampak tawa dan senyum bapa-bapa dan mama-mama yang hadir mencairkan suasana kekeluargaan.

Pada kesempatan tersebut salah satu warga dan juga Tokoh masyarakat Kp. Bhituka SP XIII Saverius menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim yang telah banyak membantu pembangunan di Kampungnya. “ Kami atas nama warga Kampung Bhituka menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak-bapak dari Kodim yang telah membantu masyarakat disini, sehingga Kampung ini jadi bagus. Pada awalnya Kampung ini masih kotor dan bangunanya sudah rusak, tapi dengan adanya TMMD dari TNI ini , Kampung Bhituka jadi rapi dan bersih.,” ucapnya sambil sesekali mengunyah buah pinang yang sengaja dibawa oleh Suardi untuk disantap bersama sebagai ikatan persaudaraan.

BAGIKAN

0 comments: