Tuesday, 9 May 2017

Ahok Dijebloskan ke Rutan Cipinang

Usai divonis dua tahun, terpidana kasus penodaan agamam Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) langsung dibawa ke Rumah Tahanan Cipinang. Penahanan ini sesuai dengan perintah pengadilan agar Gubernur DKI Jakarta itu langsung di penjara.

Dia meninggalkan gedung Kementerian Pertanian dari pintu samping dengan pengawalan ketat pihak kepolisian. Ahok langsung dibawa dengan mobil polisi. Setelah selang beberapa waktu baru diketahui kemana Ahok dibawa oleh polisi.

“Iya ditahan di Rutan Cipinang-nya yah bukan di lapas,” kata Kalapas Cipinang Petrus Kunto Selasa (9/5/2017).

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menghukum Ahok dua tahun karena terbukti melanggar Pasal 156 KUHP tentang penodaan agama. 

Vonis ini jauh dari tuntutan jaksa yang meminta hakim menghukum Ahok satu tahun dengan masa percobaan dua tahun penjara. Jaksa dalam tuntutannya juga hanya menjerat Ahok dengan pasal 156a tentang pernyataan yang mengandung permusuhan, kebencian dan penistaan terhadap satu golongan.

Ahok sendiri langsung mengajukan banding atas putusan ini. Sementara jaksa penuntut umum menyatakan pikir-pikir atas vonis hakim ini. (Himawan Aji)


BAGIKAN

0 comments: