Wednesday, 10 May 2017

Ahok Dipindah ke Rutan Mako Brimob

Jakarta - Dukungan dan protes pasca penahanan terpidana kasus penistaan agama Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengalir di depan Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Pihak Rutan Cipinang pun memutuskan untuk menitipkan Ahok ke rumah tahanan di Markas Komando (Mako) Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo mengatakan Ahok sudah dipindahkan dari Rutan Cipinang ke Markas Komando (Mako) Brimob Kelapa Dua di Depok, Rabu (10/5/2017) dini hari. Dia mengungkapkan keputusan pemindahan lokasi penahanan Ahok diambil atas pertimbangan keamanan.

"Sudah pindah malam ini tadi, sudah pindah ya. Kami mewakili dari institusi dan sekaligus menjawab pertanyaan rekan media. Ini atas permintaan instansi Kemenkumham dan melihat dinamika hari ini maka dipindahkan ke Mako Brimob," kata Kombes Andry di depan pintu gerbang Rutan Cipinang, sekitar pukul 01.00 WIB, Rabu (10/5/2017).

Dia menyebutkan, proses pemindahan Ahok berlangsung cepat dan tentunya sesuai standard operasional pemindahan tahanan. Menurut dia, Ahok menumpang mobil dinas dengan pengawalan ketat saat dipindahkan.

"Barusan pemindahan dengan kendaraan dinas. Barusan saja berbarengan atau tidak lama sebelum Ibu Vero keluar. Dikawal polisi sama dari rutan," ungkap Kombes Andry yang didampingi Karutan Cipinang Asep Sutandar.

Namun, berbeda dengan pernyataan Kapolres Jaktim, Kepala Rutan Cipinang Asep Sutandar justru menyebut Ahok baru akan dipindah dalam waktu dekat. "Sesegera mungkin ya karena memang demi keamanan. Karena malam ini kita penghuninya banyak sekali sementara petugas hanya ada 22 orang yang jaga. Jadi untuk alasan keamanan kami memohon kepada Polri untuk penitipan penahanan di Mako Brimob," kata Asep.

Dia menambahkan, selain keamanan, pihaknya berkewajiban menjaga psikologis tahanan lain yang merasa terganggu dengan penahanan Ahok di Cipinang. "Keamanan dan pengamanan terganggu juga teman-teman yang di dalam terusik juga dengan suara aksi. Kemudian juga pengunjung tahanan lain jadi bertahan. Di Mako Brimob lebih representatif lah," terang Asep.

Memang sejak pukul 11.30 WIB, Selasa 9 Mei 2017 sampai pukul 01.00 WIB Rabu (10/5/2017), terdapat 4 mobil yang keluar dari rutan. Mobil pertama diketahui keluar dari pintu gerbang sebelah barat. Mobil jenis Jeep warna hitam itu tidak membawa penumpang.

Mobil kedua yang keluar adalah mobil jenis sedan hitam dan ditumpangi penasihat hukum Ahok, I Wayan Putu Sudiartana. Wayan pun membuka kaca dan menyapa jurnalis yang ada di depan Rutan Cipinang.

Mobil ketiga yang keluar yaitu Land Cruiser hitam. Mobil itu yang mengantar istri Ahok, Veronica Tan keluar rutan dengan seorang pengawal dari Patwal.
Mobil terakhir yang keluar adalah Mitsubishi Pajero warna hitam. Mobil tersebut ditumpangi Djan Faridz dan rekannya.




BAGIKAN

0 comments: