Saturday, 6 May 2017

Busa Mirip Salju di Jl Jenderal Sudirman Ternyata Busa Tifol

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memastikan bahwa benda putih yang menggumpal dan memenuhi Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu (6/5/2017) sore, bukanlah salju seperti yang banyak disebutkan dan disebarkan di media sosial.

Benda putih itu kata Sutopo adalah buih busa tifol yang digunakan Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk mengatasi pipa bocor, sejak Rabu lalu.

"Buih busa tifol sisa penyemprotan pipa dari PGN itu, meluap dari saluran di dekat jalur lambat di Jalan Sudirman," kata Sutopo, Sabtu malam, melalui pesan aplikasi media sosial.

Ia mengatakan luapan busa tifol ke ruas jalan, terjadi saat hujan turun di Jakarta dan sekitarnya Sabtu sore. "Karena busa bercampur air hujan sehingga menambah banyak buih di jalanan yang tampak seperti salju," kata Sutopo.

Apalagi kata dia, banyak kendaraan lalu lalang yang melindas busa dan membuat memanjang serta memenuhi jalanan dan akhirnya seperti salju.

"Kalau ada hujan salju, tidak akan hanya terjadi di sana saja, tetapi di lokasi lain juga. Jadi ini bukan salju atau hujan es, apalagi dikaitkan dengan perubahan iklim," katanya.

Sebelumnya beredar sejumlah video dan foto di media sosial yang menyebutkan ruas Jalan Sudirman dipenuhi salju akibat hujan salju yang terjadi Sabtu sore.

Semua itu kini dibantahkan oleh BNPB yang telah melakukan pengecekan langsung ke lokasi yang disebutkan.(Himawan Aji)

BAGIKAN

0 comments: