Friday, 19 May 2017

Presiden Jokowi Saksikan Latihan PPRC TNI 2017

Presiden RI Joko Widodo dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menghadiri latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI Tanjung Datuk, Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (19/5/2017), 

Jokowi dan Gatot tiba sekitar pukul 10.15 WIB. Selain itu, latihan juga dihadiri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Mendagri Tjahjo Kumolo dan Menko PMK Puan Maharani. 23 gubernur seluruh Indonesia juga menghadiri acara tersebut. Salah satunya yang terlihat adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Pangkostrad Letjen Edy Rachmayadi mengatakan tujuan latihan PPRC adalah untuk penindakan terhadap gerakan separatis.

"Tujuannya latihan PPRC, pasukan Kostrad melakukan tindakan terhadap pasukan separatis bersenjata," ujar Edy di lokasi latihan.

Latihan yang digelar di pulau terdepan Indonesia inI melibatkan 5.899 pesonel dari tiga matra. Selain itu, latihan ini juga menggunakan ratusan alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

alat utama sistem senjata yang digunakan antara lain adalah pesawat tempur Sukhoir SU-27 dan Sukhoi SU - 30, pesawat F-16, helikopter Superpuma, KRI Yos Sudarso, Tank Leopard serta Giant Bow pelontar peluru 3 mm.

Dimulai sejak sejak presiden tiba, latihan ini mempertontonkan simulasi perang udara, terjun payung, serangan tank, hingga simulasi evakuasi. Ledakan demi ledakan terdengar di penjuru Tanjung Datuk.

Terakhir, pasukan udara memberi penghormatan kepada Presiden Jokowi dengan menggunakan pesawat tempur F-16. Presiden Jokowi, menganggap latihan puncak PPRC penting untuk diadakan, salah satunya untuk menunjukan solidnya dan kesiapan TNI dalam rangka menjaga NKRI. (Noor Irawan)

BAGIKAN

0 comments: