Tuesday, 25 July 2017

Presiden Jokowi Lantik 728 Perwira Remaja TNI-Polri 2017

Presiden RI, Joko Widodo, memimpin secara langsung upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2017 yang bertempat di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (25/7/2017) pagi ini, Presiden yang bertindak selaku inspektur upacara pada kesempatan tersebut melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 728 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo menyematkan tanda pangkat di pundak empat orang perwira remaja yang meraih prestasi terbaik dan penghargaan Adhi Makayasa, baik dari Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Laut (AAL), Akademi Angkatan Udara (AAU), maupun Akademi Kepolisian (Akpol). Perwira remaja berprestasi tersebut yaitu Wiraswanrill Sagala dari Akmil, Samsul Huda dari AAL, Bernardinus Yoga Kristian dari AAU, dan Ade Hertiawan Yuliansyah dari Akpol.

Setelah menyematkan tanda pangkat kepada empat orang perwira terbaik, Presiden mengambil sumpah seluruh perwira TNI dan Polri. Pengambilan sumpah tersebut secara simbolis diwakili oleh empat perwira yang masing-masing mewakili agamanya, yakni Muiz Arrazaq (Akmil) sebagai perwakilan agama Islam, Gracecilia Stevani (AAL) mewakili agama Protestan, Bartholomeus Ridho Mahadan (AAU) mewakili agama Katolik, dan Kadek Dian Sri Rahayu (Akpol) mewakili agama Hindu.

Para perwira yang dilantik langsung oleh Presiden itu terdiri atas 437 perwira dari TNI dan 291 perwira dari Polri. Pelantikan 437 perwira dari Akademi TNI itu didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 46 TNI Tahun 2017. Sementara itu, 291 perwira lain yang berasal dari Akademi Kepolisian dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 47 Polri Tahun 2017.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada para perwira dari TNI dan Polri yang baru saja dilantik. Presiden juga mengingatkan bahwa perjalanan mereka sebagai abdi negara dan masyarakat baru saja dimulai. “Ingat bahwa upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri tahun 2017” ucap Presiden.

Prasetya perwira yang dilantik berjumlah 437 Taruna Akademi TNI, yang terdiri atas Taruna Akademi Militer 224 orang (208 Taruna dan 16 Taruni), Taruna Akademi Angkatan Laut 94 orang (84 Taruna dan 10 Taruni), Taruna Akademi Angkatan Udara 117 orang (105 Taruna dan 12 Taruni), dan Taruna National Defence Academy (NDA) dua orang. Sementara itu, Taruna Kepolisian berjumlah 292 orang, yang terdiri dari 243 Taruna dan 49 Taruni.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah memberikan pembekalan kepada 729 calon perwira remaja TNI/Polri tentang pengabdian total kepada Merah Putih, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan rakyat di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Senin (24/7).

Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa menempuh jalan karier sebagai perwira, berarti semua prasetya perwira akan menjadi calon pemimpin masa depan Indonesia.

“Kita harus ingat bahwa dengan perubahan-perubahan global yang sangat cepat sekarang ini, baik perubahan dari sisi ekonomi dan perubahan-perubahan lainnya, landscape politik, landscape pertahanan, landscape keamanan semuanya akan berubah,” katanya.
 (Himawan Aji)


BAGIKAN

0 comments: