Monday, 10 July 2017

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Perayaan HUT Bhayangkara ke-71

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengundang Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam peringatan hari ulang tahun ke-71 Bhayangkara di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2017).

Presiden Jokowi pun bertindak menjadi instruktur upacara dalam acara tersebut. Acara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Pada kesempatan ini, Jokowi memberikan instruksi khusus kepada seluruh anggota Polri.

"Saya akan memberikan instruksi kepada seluruh jajaran Polri untuk terus meningkatkan kinerjanya melalui upaya-upaya sebagai berikut," kata Jokowi di kawasan Silang Monas, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Pertama, Jokowi meminta Polri memperbaiki manajemen internal. Perbaikan ini untuk menekan budaya negatif seperti korupsi, penggunaan kekerasan berlebihan, dan arogansi kewenangan.

Selanjutnya, memantapkan soliditas internal dan profesionalisme Polri, sehingga dapat mewujudkan Indonesia yang berdaulat dan berkepribadian.  Ketiga, optimalkan modernisasi Polri dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Presiden juga mengimbau Polri untuk meningkatkan kesiapsiagaan operasional. Menurut Jokowi, kesiapsiagaan dapat diwujudkan melalui deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi polisional proaktif. Dengan begitu, Presiden berharap, Polri tetap lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat.

Terakhir, mantan Walikota Solo ini juga meminta Polri untuk meningkatkan kerja sama koordinasi dan komunikasi dengan semua elemen. Baik pemerintah, masyarakat, dan kolega internasional. Hal ini merupakan implementasi kedekatan dan sinergi polisional guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

"Saya selaku kepala negara tetap komitmen untuk mendukung terbentuknya Polri yang kuat, Polri yang andal, Polri yang profesional. Supaya tugas Polri dalam menjaga stabilitas kamtibmas penegakan hukum, sebagai pelindung pengayom dan pelayan masyarakat dapat dilaksanakan secara optimal," ujar Presiden Jokowi.

Dalam acara itu, Presiden Jokowi juga berkesempatan untuk menyematkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya kepada tiga polisi. Mereka adalah Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Wahyu Hadiningrat, Ajun Komisaris Polisi Sayeti, serta Ajun Inspektur Satu Alim Sujoko.

Bintang Bhayangkara adalah bintang penghargaan kepada anggota Polri sebagai bintang kepahlawanan untuk anggota kepolisian. Bintang Bhayangkara dibagi menjadi tiga kelas yaitu Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama dan Bintang Bhayangkara Nararya.

Dalam acara tersebut berbagai unsur dari Mabes Polri hadir dalam perayaan dan upacara yang dipimpin Jokowi hari ini. Selain itu, sejumlah menteri turut hadir, seperti Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. (Noor Irawan)


BAGIKAN

0 comments: