Thursday, 24 August 2017

KSAD Tinjau Pembangunan Batalyon Cakra Kostrad

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono didampingi Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi melaksanakan peninjauan pembangunan markas satuan elit Kostrad yang dinamakan Batalyon Cakra pada Rabu (23/8/2017). Pembangunan markas ini berada di lahan seluas 700 hektar di daerah Ciuyah, Lebak, Banten yang lokasinya tidak jauh dari Depo Pendidikan dan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam III/Siliwangi.

Pria yang merupakan alumni Akmil tahun 1983 ini mengatakan bahwa Batalyon Cakra yang berada di bawah kendali Kostrad adalah satuan tempur Komposit. Dimana satuan komposit ini terdiri dari  satuan tempur Infanteri, satuan bantuan tempur Artileri Medan (Armed), Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) dan satuan Helikopter tempur Penerbad.

“Komandan Batalyon (Cakra) ini berpangkat Kolonel dan langsung bertanggung jawab kepada Pangkostrad,” ujar mantan Pangkostrad dan Pandam Jaya ini sewaktu meninjau pembangunan markas Batalyon Cakra.

Selain itu, di markas Batalyon Cakra juga akan dibangun perumahan dinas personel dan keluarganya, perkantoran, Markas Komando Batalyon, gudang Alutsista serta lahan latihan tempur dan manuver. Semua berada dalam satu kompleks di Ciuyah, Lebak.

Rencananya, pembangunan markas Batalyon Cakra akan selesai pada tahun 2019 nanti. Sampai sekarang ini, pembangunan sudah mencapai 30% dan sudah ditempati sekitar 150 personel agar lokasi terpelihara.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Pangdam III/Siliwangi Mayjen Herindra, Danpuspenerbad, para Perwira Tinggi dan Parwira Menengah jajaran Mabesad. (Noor Irawan)
.

BAGIKAN

0 comments: