Wednesday, 15 November 2017

Perayaan HUT Marinir ke-72 Berlangsung Meriah


Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Korps Marinir TNI-AL yang digelar di Lapangan Apel Ksatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu(15/11/2017).

Dalam amanatnya dihadapan para prajurit Marinir, Kasal mengatakan bahwa, Korps Marinir telah memberikan kebanggaan dan citra positif bagi TNI Angkatan Laut dengan berbagai keberhasilan dalam pelaksanaan tugas yang diberikan, baik dalam Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang.

Lebih lanjut Kasal menjelaskan, pencapaian setiap tugas merupakan sebuah kehormatan dan kepercayaan, oleh karena itu tugas yang diemban harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan semaksimal mungkin.

“Hal ini adalah wujud pembinaan berkelanjutan Korps Marinir dalam membentuk prajurit pejuang, profesional dan berkarakter guna menjadi unsur kekuatan tempur yang tangguh. Keberhasilan Koprs Marinir tidak lepas dari dukungan dan kerja sama dengan masyarakat. untuk itu, kepercayaan dan kebersamaan tersebut harus terus dibina dan dipertahankan”, tegas Kasal.

Pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Korps Marinir tahun 2017 ini mengangkat tema "Marinir Prajurit Pejuang dan Profesional". Selain upacara parade dan defile pasukan serta kendaraan tempur, peringatan kali ini juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi dari para prajurit baret ungu TNI AL itu, diantaranya demo serangan kilat pasukan intai amphibi, demo kombinasi pencak silat, demo senam perahu karet, demo senam balok, demo rampak beduk, serta free fall gabungan dari 72 peterjun Marinir.

Sedangkan Material tempur Korps Marinir yang dikerahkan dalam defile yaitu, 3 unit Kendaraan Motor Kawal, 3 unit Kendaraan Khusus, 3 unit Kendaraan Rubicon, 3 unit Kendaraan Mobil Kawal, 9 unit Kendaraan KIA, 6 unit Kendaraan REO,  9 unit Sea Raider, 20 unit Tank BMP3F, 12 unit Tank PT 76 Modifikasi, 6 unit LVT 7 A1, 16 unit BTR 50 P, 4 unit BTR 4, 6 unit KAPA dan 2 unit Meriam 122mm  serta 2 unit Opleger Tatra dan 1 unit Opleger Hwang Zan.

Pada kesempatan HUT Marinir ini juga, Kasal yang didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ibu Ade Endah Supandi melakukan pemotongan tumpeng dilanjutkan makan bersama dengan ribuan prajurit Korps Marinir TNI AL dengan diiringi musik Kulintang dan Brass Band Marinir.

Selain melaksanakan Upacara Militer Parade dan Defile, pada rangkaian kegiatan HUT Korps Marinir tahun 2017 ini juga menggelar acara konser musik yang menampilkan band papan atas tanah air “Slank”.

Di tempat yang sama akan diselenggarakan “Marinir Fair” yang dibuka untuk umum dari tanggal 16 sampai dengan 19 November 2017. Pada “Marinir Fair” masyarakat dapat menyaksikan langsung Pameran Alutsista Marinir dari masa ke masa, Produk Ekonomi Kreatif Masyarakat, Bazar Barang dan Kuliner, Paint Ball, Outbond, Parade Kendaraan Tempur Amphibi, Terjun Payung serta Military Game.

Turut hadir pada peringatan HUT ke-72 Korps Marinir para pejabat negara antara lain, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI A Taufiq R, Kepala Staf Umum TNI (Kasum) Laksdya TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. , para sesepuh Korps Marinir dan mantan Dankormar, para Pejabat TNI, POLRI dan SIPIL, serta para Perwira, Bintara, Tamtama dan segenap Aparatur Sipil Negara jajaran Korps Marinir. (Adri Irianto)

BAGIKAN

0 comments: