Friday, 29 December 2017

Gubernur DKI Resmikan 5 Pasar Rakyat

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meresmikan lima pasar rakyat, yakni Pasar Senen Blok III, Pasar Sinar, Pasar Bidadari, Pasar Cawang Kavling dan Pasar Karet Belakang (Karbela).

"Kita lihat salah satu kebutuhan warga Jakarta bagaimana kebutuhan pokok harga terjangkau dan didapat di pasar. Di pasar kebutuhan pokok dan permintaaan dan penawaran bertemu, jadi pasar di DKI harus efisien dan biaya transaksi murah," kata Anies saat di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2017).

Biaya dari penjual dan pembeli kata dia nantinya menurun dan keseluruhan menjadi rendah. Perbaikan dari pasar-pasar itu pun kata Anies, sudah selesai dilakukan.

"Saya juga secara khusus berterimakasih kepada Direktur Pasar Jaya telah menyelesaikan peremajaan dan pembangunan kembali dalam konteks ini adalah Blok III, akibat kebakaran 2014," paparnya.

Dirinya berharap komersial yang keberpihakannya jelas kepada warga Jakarta, agar bisa berakses dengan baik."Ini yang menarik dari pasar tradisional lebih dari sekedar ekonomi, tapi interaksi antar warga. Datanglah ke pasar untuk berinteraksi sebagai manusia bukan sebagai robot yang hanya jual beli," kata Anies.

Pasar Senen Blok III sendiri berada di lahan seluas 17.086 meter persegi dan bangunan pasar dibangun seluas 13.582 meter persegi. Bangunan ini terdiri dari tujuh lantai yaitu lantai semi basement los dengan jumlah tempat usaha 385 unit, lantai semi basement kios dengan jumlah tempat usaha 553 unit, lantai dasar dengan jumlah tempat usaha 777 unit, lantai satu dengan jumlah tempat usaha 806 unit.

Selanjutnya lantai dua dengan jumlah tempat usaha 807 unit, lantai tiga dengan jumlah tempat usaha 203 unit, di lantai lima dan lantai enam ada sarana ibadah dan juga ruangan Mechanical Engineering (ME).

Pasar Senen Blok III merupakan salah satu pasar komersial milik PD. Pasar Jaya. Pembangunan pasar ini dilakukan karena sebelumnya terbakar pada tanggal 19 Januari 2014. Pasar dengan tampilan baru ini dibangun dengan tampilan modern agar masyarakat semakin nyaman berbelanja. Terlebih kawasan Pasar Senen merupakan salah satu pasar tertua di Jakarta. Di lokasi pasar yang baru sudah tersedia parkir kendaraan menampung 340 unit kendaraan. (Casandra Editya)

BAGIKAN

0 comments: