3.000 Peserta Magang Diberikan Sertifikat Kompetensi Oleh Jokowi - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, 27 December 2017

3.000 Peserta Magang Diberikan Sertifikat Kompetensi Oleh Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Sertifikat Kompetensi Pemagangan kepada 3.000 peserta program pemagangan di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi Jawa Barat, Rabu (27/12/2017).

Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri dalam acara tersebut. Tak hanya kepada peserta magang, Kepala Negara juga menyerahkan Sertifikat Mentor kepada 97 orang mentor atau pembimbing pemagangan serta kepada perusahaan yang telah menyelenggarakan program pemagangan.

"Peserta uji kompetensi ada 6.201 orang. Yang lulus sebanyak 5.635 orang, tidak lulus sebanyak 566 orang. Artinya uji kompetensi ini beneran karena ada yang tidak lulus," kata Jokowi dalam sambutannya di BBPLK Bekasi, Jawa Barat, Rabu (27/12/2017).

Mantan Gubernur DKI itu mengatakan, saat ini pemerintah tengah berkonsentrasi pada pembagunan infrastruktur di Indonesia. Sehingga, ia berharap, Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara maju lainnya.

"Pemerintah berkonsentrasi pada pembangunan infrastruktur. Ini penying fondasi kita agar bisa bersaing dengan negara lain, anggaran pun kita fokus dan konsentrasi," ujarnya.

Semenara Menaker M Hanif Dhakiri menuturkan penyerahan sertifikat pemagangan ini merupakan bagian dari tindaklanjut kegiatan Deklarasi Pemagangan Menuju Indonesia Kompeten di Kawasan Industri Karawang, Jawa Barat, pada Sabtu 23 Desember 2017 kemarin.

Hanif juga memastikan proses pemagangan kali ini berbeda dengan program pemagangan yang dilakukan beberapa dekade lalu. Pada tahun 2018, Kemnaker menargetkan profram pemagangan akan diikuti oleh 400.000 orang dengan melibatkan infrastruktur.

"Proses pemagangan didesain mengacu jabatan kerja yang didasarkan pada kebutuhan industri (link and match). Skema program pemagangan terdiri dari 25 persen teori, 75 persen praktek, dan diakhiri dengan uji kompetensi (sertifikasi)," tutup Hanif.  (Wawan/Okz)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com