KPK Akan Periksa Anak Setya Novanto Pekan Ini - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, 19 December 2017

KPK Akan Periksa Anak Setya Novanto Pekan Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua anak Setya Novanto (Setnov), Rheza Herwindo dan Dwina Michaela. Dua anak Setnov tersebut dipanggil terkait kasus dugaan korupsi e-KTP.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, surat panggilan pemeriksaan untuk dua anak Setnov tersebut telah dikirim oleh KPK, beberapa waktu lalu. Rencananya pemeriksaan dilakukan pada pekan ini.
Dakwaan

"Kita juga sudah mengirimkan surat pemanggilan terhadap Rheza Herwindo dan Dwina Michaela yang direncanakan diperiksa dalam minggu ini," kata Febri di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2017).

Kata Febri, kedua anak Ketua DPR RI non-aktif tersebut akan digali keterangannya sebagai saksi untuk tersangka Anang Sugiana Sudihardjo. Pemeriksaan kedua anak Setnov berkaitan dengan posisi kepemilikan dan saham dari PT Mondialindo dan PT Murakabi Sejahtera.

"Kita masih akan terus mendalami bagaimana posisi kepemilikan dan saham dari Murakabi dan Mondialindo agar menjadi lebih clear, dan lebih lanjut sejauh mana pengetahuan saksi terkait dengan perusahaan-perusahaan itu," terangnya.

Sebelumnya, nama anak dan istri Setya Novanto muncul dalam dakwaan korupsi proyek e-KTP, tahun anggaran 2011-2013. Anak dan Istri Novanto diduga ikut andil lewat perusahaan yang mendampingi proyek e-KTP.

Adapun, perusahaan yang dikendalikan oleh anak dan Istri Setya Novanto adalah PT Murakabi Sejahtera. Adapun, PT Murakabi Sejahtera dibentuk oleh Novanto bersama Andi Narogong sebagai salah satu perusahaan pendamping proyek e-KTP.

"Bahwa PT Murakabi Sejahtera yang dipersiapkan oleh terdakwa dan Andi Agustinus sebagai salah satu perusahaan pendamping pekerjaan penerapan e-KTP," kata Jaksa KPK, Ahmad Burhanudin saat membacakan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Desember 2017.

PT Murakabi Sejahtera sendiri ‎dikendalikan Setya Novanto lewat keponakannya, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo; Istri Setya Novanto, Deisti Astriani Tagor; dan anak Setya Novanto, Reza Herwindo. Novanto diduga sengaja mendesign perusahaan tersebut untuk keluarganya.

"Dengan cara Irvanto Hendra Pambudi Cahyo membeli saham PT Murakabi Sejahtera milik Vidi Gunawan, sehingga Irvanto dapat menggantikan posisi Vidi Gunawan (Adik Andi Narogong)," jelas Jaksa Ahmad Burhanudin.

Sedangkan, Deisti dan Rheza, membeli sebagian besar saham PT Mondialindo Graha Perdana yang merupakan holding PT Murakabi Sejahtera. Kata Jaksa, PT Murakabi berperan dalam bidang jasa pembuatan ID. (Himawan Aji)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com