Menko Polhukam Ingin Revisi Perpres tentang BSSN Libatkan Tenaga Profesional - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, 19 December 2017

Menko Polhukam Ingin Revisi Perpres tentang BSSN Libatkan Tenaga Profesional

‎Pemerintah melalui Kementerian Politik, Hukum dan Kemanan (Kemenko Polhukam) dalam waktu dekat akan mengumumkan pembentukan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, pembentukan BSSN nantinya akan melibatkan tenaga profesional. ‎Sehingga, perlu adanya revisi dalam aturan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 Tahun 2017 tentang BSSN.

Diketahui bahwa dalam Pasal 52 Perpres Nomor 53 Tahun 2017 tentang BSSN dinyatakan bahwa lembaga yang bergerak di dunia maya ini hanya dapat diisi oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Adapun dalam Pasal 52 Perpres Nomor 53 Tahun 2017 tentang BSSN itu berbunyi, "Pada saat mulai berlakunya Peraturan Presiden ini maka a. Pegawai negeri sipil di lingkungan Lembaga Sandi Negara menjadi pegawai negeri sipil pada BSSN;‎ dan b. Pegawai negeri sipil di lingkungan Direktorat Keamanan Informasi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika dapat menjadi pegawai negeri sipil pada BSSN".

"‎Kita akan melibatkan tenaga profesional. Ini kan teknologi maju, high technology. Nggak asal-asalan menunjuk orang. Tetapi orang profesional yang memang tahu betul masalah siber," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Selasa (19/12/2017).

Mantan Panglima ABRI itu menjelaskan, bahwa setiap aturan akan mengatur perkembangan hidup manusia dan lingkungannya. Sebab itu, apabila BSSN ingin diisi oleh tenaga profesional maka harus melakukan perubahan pada Perpres Nomor 53 Tahun 2017 tentang BSSN.

"‎Kalau lingkungan berubah ya legislasi bisa berubah. Nggak ada maslaah. Asalkan itu untuk kepentingan negara dan masyarakat," simpulnya. (Himawan Aji)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com