Airlangga Umumkan Pengurus Baru Partai Golkar - ZONASATU.CO.ID

Breaking

Home Top Ad

Monday, 22 January 2018

Airlangga Umumkan Pengurus Baru Partai Golkar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengumumkan nama-nama kepengurusan 'Golkar Bersih' siang ini. Dalam kesempatan itu, dia mengajak jajarannya untuk pose dua periode.

Pengumuman dibuka oleh Airlangga pukul 12.00 WIB di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Senin (22/1/2018).

"Hari ini saya selaku Ketua Umum terpilih akan mengumumkan hasil revitalisasi kepengurusan anggota Golkar untuk mengerjakan tugasnya hingga periode 2019," ujar Airlangga saat sambutan.

"Revitalisasi ini berfokus pada pemilu 2019. Jadi susunan strukturnya murni untuk menghadapi tahun politik 2019, dalam kegiatan pilkada Partai Golkar," sambungnya.

Pada revitalisasi kepengurusan ini, Airlangga mengatakan ada perampingan organisasi yang sebelumnya 305 anggota menjadi 275 untuk pengurus partai. Sebanyak 75 di antaranya merupakan kader perempuan.

"Revitalisasi kali ini merampingkan, sebelumnya 305 pengurus sekarang jumlahnya 251, 75 di antaranya adalah pengurus perempuan. Revitalisasi ini secara spesifikasi target partai Golkar di 2019 tentu meningkatkan elektabilitas. Ditargetkan range Partai Golkar antara 16-18%," ucap Airlangga.

Dalam pengumuman itu terlihat Menteri Sosial, Idrus Marham masih memiliki jabatan dalam struktur pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar. Jabatan yang diemban Idrus Marham adalah Koordinator Bidang Hubungan Eksekutif-Legislatif. "Koordinator Bidang Kelembagaan, Idrus Marham," kata Airlangga.

Idrus Marham resmi menjabat Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang tengah bertarung pada Pilkada Jawa Timur 2018 sebagai calon gubernur. Idrus dilantik pada Rabu (17/1/2018) kemarin oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.

Saat ditanya alasan memasukkan Idrus ke dalam struktur kepengurusan, Airlangga tidak menjawab. Namun, Airlangga menjamin Idrus tak akan disibukkan dengan tugas partai dan tetap bisa fokus menjalankan tugas sebagai menteri sosial.

"Terkait Pak Idrus memang ada jabatan portofolio. Jadi pekerjaannya enggak semasif sekjen dulu," ucap Airlangga.

Adapun jabatan Sekretaris Jenderal Partai Golkar yang dulu dijabat Idrus Marham kini dipegang oleh Letjen TNI (Purn.) Lodewijk Freidrich Paulus. Lodewijk sebelumnya menjabat sebagai Koordinator Bidang Kajian Strategis DPP Partai Golkar. "Yang pertama Sekjen, Bapak Lodewijk (Freidrich) Paulus," kata Airlangga.

Terkait penunjukan Lodewijk Paulus sebagai Sekjen, Airlangga  memastikan tak ada tekanan dari pihak tertentu. "Tidak ada, tidak ada yang menekan," kata Airlangga.

Airlangga meminta penunjukan terhadap mantan Pangdam I/Bukit Barisan dan Danjen Kopassus TNI-AD ini tidak perlu dipersoalkan meski belum lima tahun di Partai Golkar sesuai Pasal 12 ART.

Sebab, kata Airlangga, alumni Akmil tahun 1981 yang juga pernah menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI-AD ini sebelumnya telah menjabat sebagai Ketua Koordinator Bidang Kajian Strategis dan SDM sejak 2016 lalu.

"Pak Lodewijk sudah jadi pengurus di periode yang lalu. Jadi itu sudah selesai," ujar Airlangga.

Sementara itu, posisi Bendahara Umum Partai Golkar tetap dijabat oleh Robert Joppy Kardinal yang kini juga menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR.

Usai membuka acara pengumuman struktur pengurus partai, Airlangga lalu mengajak jajarannya untuk berpose 'dua periode'. Namun dia tidak membentuk angka dua jari seperti biasanya dengan tanda 'peace', tapi mengangkat jempol dan telunjuk.

"Ayo gaya 2 periode," sebut Menteri Perindustrian Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo itu.

Demikian susunan susunan kepengurusan Partai Golkar periode 2017-2019 :

Ketua Umum : Airlangga Hartarto
Sekretaris Jenderal : Lodewijk Freidrich Paulus
Wakil Sekretaris Jenderal : Sarmudji
Bendahara Umum : Robert Kardinal
Korbid Kepartaian : Ibnu Munzir
Korbid Perekonomian : Azis Syamsuddin
Korbid Pemuda dan Generasi Milenials : Agus Gumiwang Kartasasmita
Korbid Hubungan Eksekutif Legislatif : Idrus Marham
Korbid Pemilih Luar Negeri : Happy Bone Zulkarnain
Korbid Pratama : Nurdin Halid
Korbid Kajian Strategis : Yorrys Raweyai
Korbid Pemenangan Pemilu Sumatera : Indra Bambang Utoyo
Korbid Pemenangan Pemilu Jawa Kalimantan : Nusron Wahid
Korbid Pemenangan Indonesia Timur : Melchias Mekeng
Korbid Kesra : Roemkono
Korbid Penggalangan Khusus : Hajriyanto Thohari
Badan Litbang : Umar Juworo
Badan Kajian Strategis dan Intelijen : Eko Wiratmoko
(Himawan Aji)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?
close