Cimic dengan Siswa Korban Konflik di Lebanon Mewarnai Kegiatan Pasukan Garuda - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, 22 January 2018

Cimic dengan Siswa Korban Konflik di Lebanon Mewarnai Kegiatan Pasukan Garuda

Ketegangan yang saat ini terjadi di Timur Tengah (Timteng), khususnya di Lebanon telah banyak menyita perhatian masyarakat dunia, tidak terkecuali masyarakat di tanah air. Pemerintah Indonesia pun masih terus mengerahkan pasukan TNI ke Lebanon dalam rangka misi menjaga perdamaian di sana.

Namun, misi menjaga perdamaian yang dilakukan oleh TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) atau Indonesian Battalion (Indobatt) di negara yang syarat konflik tersebut tidak melulu soal letusan senapan.

Tapi juga melaksanakan pendekatan kepada anak-anak yang menjadi korban konflik melalui pendidikan dan seni budaya. Seperti yang dilakukan oleh prajurit TNI yang tergabung Indobatt di bawah pimpinan Komandan Satgas Konga XXIII-L/Unifil, Letkol Inf Arfan Johan Wihananto.

Beberapa waktu lalu, pasukan ini menggelar kegiatan Civil Military Coordination atau yang disingkat dengan Cimic dan komunikasi sosial dengan anak-anak sekolah Frun Public School di Lebanon Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, Tim Cimic Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil yang terdiri dari Kapten Inf Vico Andrika S., Lettu Mar R. Panggah, Lettu Cpm Arga Hogantoro beserta staf menggelar berbagai kegiatan untuk menghibur anak-anak yang bersekolah di Frun Public School.

Seperti interaksi bertema edukasi, penampilan seni budaya Indonesia berupa tarian dari Papua disertai permainan alat musiknya, serta lomba mewarnai. Kegiatan tersebut mendapatkan respon yang positif, baik dari para guru maupun siswa-siswi yang menyaksikannya.

Keceriaan para anak-anak sekolah Frun Public School bersama Tim Cimic Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil terlihat sangat jelas tergambar diraut wajah mereka.

“Kami sangat terkesan akan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Cimic Indobatt. Ini semua sangat berarti bagi kami maupun anak-anak didik kami,” ujar Maryam selaku Kepala Sekolah Frun Public School.

Menurut Maryam, Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Indobatt sangat mudah menyesuaikan diri bersama masyarakat dan anak-anak di sekolah tersebut.

“Kami bisa menerima kehadiran mereka dengan tangan terbuka,” ucapnya dalam rilis yang dikirim Puspen TNI kepada Zonasatu.co.id ini.

Dalam kegiatan Cimic tersebut, Satgas Indobatt juga menampilkan Smart Car bagi anak-anak sekolah Frun Public School. Tampak dengan jelas, para siswa dan siswi sangat antusias dan bersemangat menonton video-video edukasi yang diputar di Smart Car.

Di penghujung acara, Prajurit TNI membagikan buku bacaan yang tersedia di Smart Car dan bingkisan kepada seluruh siswa dan siswi Frun Public School.

Sementara itu, Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto mengatakan, bahwa kegiatan sosial seperti ini dimaksudkan sebagai sarana kontak sosial dan jalinan komunikasi atas keberadaan Satgas Indobatt di tengah-tengah masyarakat Lebanon Selatan.

“Partisipasi Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil di wilayah Area of Responsibily Satgas, diharapkan dapat menghibur masyarakat terutama anak-anak,” kata Arfan yang juga merupakan Komandan Yonif Raider 400/Banteng Raider,  Kodam IV/Diponegoro. (Noor Irawan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com