Hadi Tjahjanto Resmi Serahkan Jabatan KSAU ke Yuyu Sutisna - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, 19 January 2018

Hadi Tjahjanto Resmi Serahkan Jabatan KSAU ke Yuyu Sutisna

Marsekal TNI Yuyu Sutisna telah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang ditunjuk menjadi Panglima TNI. Upacara serah terima jabatan KSAU dari Hadi kepada Yuyu akan dilangsungkan pada Jumat pagi ini di Landasan Udara Halim Perdanakusumah Jakarta.

Pelantikan dan pengambilan sumpah KSAU sendiri telah dilakukan  di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2018) lalu. Presiden juga menyematkan tanda kenaikan pangkat kepada Marsdya TNI Yuyu Sutisna menjadi Marsekal TNI. Presiden Jokowi melepas tiga bintang di pundak KSAU yang baru dilantiknya dan menggantikan dengan empat bintang.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam amanatnya mengucapkan selamat kepada Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang mendapat kepercayaan serta amanah sebagai KSAU yang baru.

"Saya yakin dan percaya, dengan background pendidikan dan pengalaman tugas yang dimiliki, Marsekal mampu mengemban tugas dan kehormatan ini dengan sebaik-baiknya," katanya.

Menurut Hadi, serah terima jabatan di lingkungan TNI AU merupakan proses yang wajar dan alamiah sebagai dinamika dalam rangka upaya pembinaan organisasi dan penyegaran personel. 

"Serah terima jabatan merupakan kebutuhan organisasi guna memelihara momentum, performance dan tingkat kesegaran organisasi dalam mengemban tugas pokoknya," kata mantan Irjen Kementerian Pertahanan ini.

Dari sisi pembinaan personel, kata dia, dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerja sesuai dengan peran, tugas dan fungsi organisasi yang harus diembannya. Ketaatan kepada hukum dan konsistensi terhadap kebijakan TNI akan tetap berjalan pada koridor kebijakan umum pembangunan kekuatan pokok minimum sesuai rencana strategis TNI dengan sasaran TNI AU lebih maju, handal, profesional, solid dan dicintai oleh rakyat.

Serah terima juga dihadiri oleh Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto dan Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. Wiranto nampaknya duduk di kursi depan dikuti Moeldoko yang datang kemudian. Mereka bisa berjabat tangan, tapi kemudian duduk di deretan kursi yang berbeda.Sekitar pukul 08.00 WIB, Wakapolri Komjen Pol. Syafruddin tiba. Disusul oleh KSAL Laksamana TNI Ade Supandi dan KSAD Jenderal TNI Mulyono.

Sebanyak enam pesawat tempur F-16 juga ikut mewarnai uacara sertijab KSAU tersebut. Tak hanya itu, dua helikopter juga tampak mengudara memberi selamat kepada Marsekal Yuyu Sutisna dan Marsekal Hadi Tjahjanto. Ada ucapan selamat datang, ada juga salam perpisahan. Kedua pesawat tersebut ditayangkan di atmosfer Way Echo Taxi, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (19/1/2018).

Pesawat pertama yang membawa spanduk bertuliskan 'Selamat Datang Marsekal TNI Yuyu Sutisna'. Pesawat berikutnya diikuti dengan spanduk bertuliskan 'Selamat Jalan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto'. Yuyu adalah wakil Hadi sebagai KSAU, sebelum Hadi diangkat menjadi Panglima TNI.

Pada pelantikan Yuyu Rabu kemarin di IStana, Presiden Joko Widodo juga melantik Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham untuk menjadi Menteri Sosial, Mantan Panglima TNI Moeldoko sebagai Kepala Staf Presiden (KSP) dan Agum Gumelar sebagai anggota Dewan Presiden (Wantimpres) menggantikan KH. HAzim Muzadi yang telah wafat. (Noor Irawan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com