Jokowi Kagum Dengan Perubahan di Istora Senayan - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, 24 January 2018

Jokowi Kagum Dengan Perubahan di Istora Senayan


Zona Satu - Istana Olahraga Senayan, alias Istora, menjadi venues kedua dari Asian Games XVIII/2018 yang telah selesai direnovasi dan diresmikan penggunanannya kembali oleh Presiden Joko Widodo Selasa (23/1/2018) malam. Presiden Jokowi sebelumnya meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pasca revitalisasi pada Minggu (14/1/2018) lalu.

Istora Senayan sendiri saat ini tengah menjadi venue dari ajang Turnamen Bulu Tangkis Daihatsu Indonesia Masters, yang diikuti ratusan pemain lokal dan internasional. Turnamen yang digelar sejak Selasa pagi itu berlangsung hingga Minggu (28/1/2018) mendatang.

Serupa dengan saat meresmikan hasil revitalisasi SUGBK, Presiden Jokowi pun terkagum-kagum melihat hasil renovasi dari Istora Senayan, yang letaknya berdekatan dengan SUGBK. Jokowi mengaku sangat terkejut. "Saya terkejut masuk sini tadi ada perubahan besar dari keadaan sebelumnya. Renovasi besar ini betul-betul mengubah Istora Senayan," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo ini berharap Istora Senayan dapat digunakan untuk berbagai jenis kegiatan oleh masyarakat, selain kegiatan olahraga.

Dalam peresmian tersebut Jokowi didampingi beberapa menteri kabinet kerja, mulai dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko.



Usai menyampaikan sambutan singkat, Jokowi langsung menandatangani prasasti peresmian. Setelah itu, Jokowi juga secara simbolis memberikan raket kepada para atlet bulu tangkis yang hadir.

Sebelum direnovasi, Istora dapat menampung sekitar 10.000 penonton. Kursi panjang kayu yang dulu terpasang kemudian diganti dengan kursi single seat sehingga kapasitasnya berubah menjadi 7.120 penonton.

Tak hanya kursi penonton yang berubah, tetapi juga pencahayaan lapangan. Dulu Istora hanya menggunakan lampu gantung. Kini, dengan teknologi baru, lampu bisa bergerak naik-turun pada ketinggian 9-12 meter dan dapat diatur sesuai kebutuhan.

Selain itu, Istora kini dilengkapi pendingin ruangan tipe AHU yang telah disesuaikan dengan corong udara di sisi-sisi atap. Dengan demikian, pendingin ruangan tidak akan memengaruhi arah kok saat di saat di udara.

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, Istora Senayan merupakan venue ke-6 yang diresmikan dari total 14 venues yang disiapkan Pemerintah untuk Asian Games XVIII/2018.  "Dibangun sejak September 2016 dan selesai pada Desember 2017. Kapasitas 7.166 tempat duduk single," kata Basuki.

Reporter : Noor Irawan
Sumber : Zona Satu

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com