BPOM Mengungkap Ada 3 Merk Sarden Asal Cina Positif Mengandung Cacing - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 24 March 2018

BPOM Mengungkap Ada 3 Merk Sarden Asal Cina Positif Mengandung Cacing


Zona Satu, Pekanbaru - Setelah melakukan serangkaian uji laboratorium terhadap tiga produk impor ikan makarel kaleng, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Kota Pekanbaru mengumumkan hasilnya jika tiga produk tersebut positif mengandung cacing. Dengan begitu, lembaga yang berada di bawah koordinasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) itu menyerukan agar menarik semua produk impor ikan tersebut dari peredaran sehingga tidak dikonsumsi masyarakat.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala BBPOM Pekanbaru Muhammad Kashuri ketiga produk tersebut adalah IO, Farmer Jack, dan HOKI dimana semuanya impor dari Cina. Dirinya mengetahui hal ini setelah melakukan inspeksi mendadak dan menguji ketiga produk tersebut paska video dan fotonya viral melalui Media Sosial yang diunggah oleh salah seorang warga Pekanbaru sepekan lalu.

Dalam rekaman video dan foto tersebut memang menunjukkan ada cacing di dalam produk ikan kaleng jenis makarel tapi bukan jenis cacing pita melainkan Anisakis species.

"Artinya, terkonfirmasi memang benar ada sejenis cacing, tapi bukan cacing pita seperti yang viral di media sosial. Jadi ada cacing Anisakis species, cantik namanya," kata Kashuri di Pekanbaru, Riau, Rabu (21/3).

Adapun cacing Anisakis sp adalah parasit yang dapat menimbulkan masalah pada ikan hingga pada manusia, sehingga bila dikonsumsi tanpa dimasak, atau dalam keadaan setengah masak, akan mengakibatkan penyakit. Cacing tersebut ditemukan di dalam kaleng ikan makarel sudah dalam kondisi mati. Jadi bukan akibat kerusakan kemasan maupun akibat kedaluwarsa.

Lebih jauh Kashuri menjelaskan, cacing secara umum mengandung sumber protein tinggi. Artinya, cacing bisa sebagai zat alergen atau mengakibatkan alergi kalau dikonsumsi. "Karena itu, pada orang-orang tertentu yang tidak tahan dengan reaksi alergi, kemungkinan menimbulkan alergi bisa mulai gatal-gatal pada kulit," tuturnya.

Namun hal berbahaya bisa timbul jika cacing ini terkonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat sakit asma. "Ini bahayanya kalau yang konsumsi orang yang punya riwayat sakit asma, bisa sesak nafas," kata Kashuri.

BBPOM telah mengeluarkan surat peringatan keras dan sanksi ke importir tiga merek tersebut. Importir harus melakukan penarikan terhadap produk yang masih beredar di pasar, dan akan terus diawasi oleh balai di bawah koordinasi BPOM tersebut.

Reporter : Casandra Editya
Sumber : Zona Satu

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...