Mayjen Eko Margiyono Resmi Pimpin Kopassus TNI-AD - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, 23 March 2018

Mayjen Eko Margiyono Resmi Pimpin Kopassus TNI-AD

Pejabat Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) yang lama, Mayjen TNI Madsuni menyerahkan kesatuan pasukan elite TNI-AD, Kopassus, kepada penerusnya, Mayjen TNI Eko Margiyono. Upacara penyerahan pasukan merupakan bagian dari proses pergantian pemimpin dan rotasi oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto ditubuh TNI AD. Mayjen TNI Eko Margiyono sendiri dilantik sebagai Danjen Kopassus oleh KSAD Jenderal TNI Mulyono di Mabes AD, Jakarta pada Kamis (22/3/2018) kemarin.

Acara penyerahan dimulai pukul 09.00 WIB diawali oleh atraksi penembakan sniper terhadap dua buah boneka dengan diiringi oleh beberapa kendaraan roda dua juga roda empat. Tak lama para pasukan masuk secara bersama dan berbaris di lapangan. Mayjen TNI Madsuni dan Danjen Kopassus Mayjen TNI Eko Margiyono memasuki lapangan upacara. Kedua langsung berada di podium yang berada di depan pasukan dan bergantianmemberikan sambutan dihadapan ratusan prajurit yang hadir.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota baret merah dan mitra Kopassus yang telah banyak memberikan bantuan dukungan dan kerjasamanya kepada Kopassus hingga Kopassus dapat mencapai kemajuan dan sejahtera. Selanjutnya saya beserta keluarga mohon diri dan doa restu agar selalu diberikan kesehatan, kekuatan dan bimbingan serta petunjuk-Nya," kata Madsuni dalam sambutan perpisahannya di lapangan Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat

Usai menjabat sebagai Danjen Kopassus, Madsuni kini akan menjadi Panglima Komdando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka di Manado, Sulawesi Utara menggantikan Mayjen TNI. Ganip Warsito.

Sementara itu Eko Margiyono menyampaikan ucapan terma kasih dan penghargaan kepada Madsuni atas pelaksaan tugas dan pengabdiannya selama menjadi Danjen Kopassus dalam satu setengah tahun.Bahkan, Eko yang sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akademi Militer (Akmil) ini menilai Madsuni telah banyak mengharumkan nama Kopassus dalam segala perlombaan.

"Pada kesempatan baik ini saya mengucapkan banyak terima kasih kepada sesepuh Kopassus dan segenap tamu. Kita ketahui banyak gagasan yang diberikan dalam rangka memajukan Kopassus, ide, dan pemikiran baru yang menjadi patut pemikiran seperti hidup kembali pertempuran hutan, pertempuran perkotaan, rekor Muri, serta berhasil menjadi juara lomba tembak pada tahun 2017," kata Eko.

Sekitar pukul 10.00 WIB, buku risalah kesatuan yang diberikan Mayjen TNI Madsuni kepada Mayjen TNI Eko Margiono, menjadi pertanda resmi satuan pasukan kini berada dalam komando Mayjen TNI Eko Margiyono.

Seperti diketahui, Eko lahir di Jawa Tengah 12 Mei 1967. Dalam perjalanan kariernya saat Perwira Pertama banyak dihabiskan di Kopassus, Eko pernah menjabat sejumlah jabatan penting Saat berpangkat Kolonel, Eko pernah menjabat sebagai Asisten Teritorial Kasdivif 1/Kostrad, Komandan Grup A Paspampres, Asisten Operasi  Kasdam Jaya dan Komandan Korem 061/Surya Kencana. Pangkat Bintang satu diraihnya saat menjabat sebagai Komandan Korem  033/Wira Pratama, Wakil Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat dan Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya.

Turut hadir dalam acara itu para sesepuh dan para mantan Komandan Kopassus seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar, Irjen TNI Letjen TNI. Herindra, Wismoyo Arismunandar, Kuntara, Sintong Pandjaitan dan mantan Komandan Kopassus lainnya.

Berbagai atraksi dari pasukan khusus ini pun ditampilkan dihadapan tamu undangan yang hadir seperti penembak jitu atau sniper, sporadis kendaraan, bela diri Yong Moodo, dan atraksi pawang ular. Selain itu juga ada defile pasukan dan 13 penerjun payung bebas (free fall).(Noor Irawan)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...