Deklarasikan Negara Republik West Papua, TNI - Polri Tangkap Sejumlah Aktifis KNPB - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 5 April 2018

Deklarasikan Negara Republik West Papua, TNI - Polri Tangkap Sejumlah Aktifis KNPB

TNI - Polri membongkar panggung 4 x 2 yang akan dijadikan tempat orasi 
Jayapura, (ZonaSatu) - Sebanyak 400 personel gabungan yang terdiri dari TNI - Polri berhasil membubarkan dan menangkap belasan aktifis Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang dianggap terlibat dalam kegiatan deklarasi panitia persiapan kemerdekaan Negara Republik West Papua di Kampwolker, Perumnas 3 Waena, Distrik Heram, Rabu (4/4).

Rencana deklarasi kemerdekaan tersebut diketahui juga dihadiri oleh puluhan awak media dari berbagai media massa.

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa penangkapan tersebut berawal dari adanya informasi masyarakat yang menemukan selebaran terkait persiapan deklarasi kemerdekaan Negara Republik West Papua dimana selebaran disebar oleh kelompok yang diduga sebagai simpatisan KNPB.

Pihak kepolisian dari Polres Jayapura dengan melibatkan TNI kemudian mendatangi lokasi tempat diselenggarakannya deklarasi kemerdekaan  di Kampwolker dan membongkar sebuah panggung berukuran 4 x 2 meter yang akan digunakannya sebagai panggung orasi.

“Kami melakukan upaya dengan mendatangi lokasi di Kampwolker dan menghimbau agar massa yang sedang berkumpul untuk menghentikan kegiatan. Dalam pendekatan persuasif itu, panitia persiapan bersedia untuk melakukan penghentian kegiatan serta membongkar segala atribut, termasuk panggung. Harapan saya tidak ada lagi yang tersisa,” kata Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas, Rabu 4 April 2018 petang kemarin.

Usai melakukan pembongkaran tim gabungan TNI - Polri kemudian menyisir sebuah tempat yang diduga dijadikan sebagai markas KNPB yaitu di Rusunawa Universitas Cendrawasih dan menangkap 6 orang termasuk Sekjen KNPB. Selain itu, sebuah bendera separatisme bintang kejora juga disita sebagai barang bukti.

Reporter : Casandra Editya
Sumber : Zonasatu

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...