Gempa Bumi Pekalongan, Memakan 2 Korban Jiwa di Banjarnegara - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, 18 April 2018

Gempa Bumi Pekalongan, Memakan 2 Korban Jiwa di Banjarnegara


Banjarnegara, (ZonaSatu) - Efek getaran gempa bumi yang dirasakan hingga Banjarnegara dilaporkan telah memakan dua korban jiwa, yakni Asep usia 13 tahun dan Kasri yang berusia lanjut. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.

"Jumlah korban meninggal awalnya satu orang, namun saya mendapat informasi ada satu korban lainnya jadi jumlahnya ada dua orang," kata Budhi Sarwono di Banjarnegara, Rabu (17/4/2018).

Tidak hanya itu, sejumlah warga juga dilaporkan mengalami luka-luka akibat tertimpa bangunan yang ambruk saat terjadi gempa siang tadi. Beberapa diantaranya mengalami luka ringan dan cukup ditangani puskesmas, sedangkan yang mengalami luka berat langsung dirujuk ke rumah sakit.

"Korban luka-luka telah ditangani oleh Puskesmas Kalibening, dan yang mengalami luka berat telah dirujuk ke rumah sakit lain," katanya.

Menurut laporan BPBD Kabupaten Banjarnegara, dampak gempa terparah berada di Dusun Kebakalan, Desa Kertosari, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara.

Bangunan rumah, sekolah, dan masjid dilaporkan mengalami kerusakan. Sementara itu, berdasarkan analisis BMKG, diketahui bahwa sebagian wilayah Banjarnegara diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4,4 SR.

Pusat gempa berlokasi di darat pada kedalaman empat kilometer pada jarak 52 kilometer Utara Kebumen.

Gempa tersebut dinyatakan tidak berpotensi tsunami. BMKG melaporkan lokasi pusat gempa berada di darat yang diakibatkan oleh aktivitas patahan.

Awalnya dilaporkan gempa yang melanda pekalongan sekitarnya berkekuatan 4,2 SR dengan kedalaman 10 kilometer namun perkembangan terbaru informasi tersebut direvisi menjadi 4,4 SR kedalaman empat kilometer. (SRK)

Penulis : Setiawan
Editor : Setiawan
Sumber : Berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com