TMMD di Jombang Membantu Pemda Mempercepat Pembangunan Daerah - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, 3 April 2018

TMMD di Jombang Membantu Pemda Mempercepat Pembangunan Daerah


Jombang (Zona Satu) - Upaya percepatan pembangunan ditiap daerah dapat segera terwujud dengan adanya program TNI yang bernama Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD). Sedangkan program TMMD ini merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan tugas pokok TNI yang tertuang dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sesuai UU No. 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Seperti Pra TMMD yang diadakan di Desa Sidokaton dan Desa Bakalanrayung Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang, Minggu (1/4). Sejak dimulainya pada 28 Februari 2018 lalu, hasil dari program ini sudah mulai terlihat dengan adanya jalan-jalan makadam hasil pembangunan yang dilakukan oleh TNI. Hal ini dikarenakan sebelumnya akses jalan yang menghubungkan kedua desa tersebut kerap menyulitkan warga karena kondisi tanah yang berlumpur dan jauh dari jalan raya.

Dari hasil pantauan wartawan zonasatu.co.id di lapangan, panjang jalan yang dibangun oleh TNI ini adalah sekitar 534 meter dengan lebar 3 meter. Sejumlah anggota TNI juga terlihat mondar-mandir dengan alat angkut seadanya membawa batu-batu geragal dan makadam yang akan digunakan untuk memperkeras jalan.

Danramil 0814/09 Kudu Kapten Chb Samsul dalam keterangannya mengatakan jika TMMD ini identik menyasar pada desa-desa pelosok yang belum tersentuh pembangunan sehingga TNI perlu hadir membantu pemerintah daerah melakukan percepatan pembangunan.

Dalam pelaksanaannya sendiri, TMMD juga melibatkan masyarakat setempat untuk ikut berpartisipasi melakukan pembangunan termasuk pelibatan sejumlah alat angkut untuk mempermudah pekerjaan.

Terkait kendala yang dihadapi, Kapten Samsul menjelaskan tentang sulitnya kendaraan material memasuki area lokasi mengingat jalanan yang berlumpur apalagi setelah hujan turun.

“Kendaraan angkut material batu tidak bisa masuk lokasi oleh karena itu material ditaruh di pinggir jalan masuk, Personil Koramil Jajaran Kodim 0814 Jombang maupun Personil Kodim melakukan pengangkutan secara manual maupun memakai gerobak ke lokasi atau menempatkannya di sisi jalan sehingga nantinya memudahkan pengerjaan jalan makadam“ ujarnya.

Reporter : Ivana
Sumber : Zona Satu

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...