Presiden Jokowi Setujui Pengaktifan Kembali Koopssusgab TNI Dalam Penanggulangan Terorisme - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, 16 May 2018

Presiden Jokowi Setujui Pengaktifan Kembali Koopssusgab TNI Dalam Penanggulangan Terorisme

Jakarta / ZonaSatu - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko memastikan bahwa Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyetujui pengaktifan kembali Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI untuk membantu Polri dalam melaksanakan tugas pemberantasan terorisme.

Diketahui Koopsusgab merupakan gabungan personel TNI dari seluruh satuan elite berkualifikasi Anti Teror yang ada di TNI, baik dari matra darat, laut, maupun udara seperti Satuan 81/Penanggulangan Teror Kopassus TNI-AD, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI-AL dan Satuan Bravo 90/Anti Teror Paskhas TNI-AU.

"Untuk Komando Operasi Khusus Gabungan TNI, sudah direstui oleh Pak Presiden dan akan diresmikan kembali oleh Panglima TNI (Marsekal TNI Hadi Tjahjanto)," ujar Moeldoko saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Seperti diketahui, Koopsusgab TNI ini pertama kali dibentuk saat Moeldoko menjabat sebagai Panglima TNI pada Juni 2015 lalu. Namun, beberapa waktu kemudian dibekukan.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ke-28 ini melanjutkan, perbantuan Koopsusgab terhadap Polri dalam pemberantasan terorisme akan di komandoi oleh Panglima TNI sendiri. Namun tetap berkoordinasi dengan Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian.

"Tugas teknisnya seperti apa, nanti mengenai itu akan dikomunikasikan antara Kapolri dengan Panglima TNI," ujar alumni Akmil tahun 1981 ini.

Saat ditanya apakah Koopsusgab memiliki masa waktu operasi, pria yang juga pernah menjabat sebagai Wakil KSAD ini berharap, tak demikian. "Kalau bisa ya seterusnya. Karena lingkungan strategis yang berkembang seperti saat ini, diperlukan (pembentukan satuan keamanan) semacam itu, Intinya kami siap. Serahkan kepada aparat keamanan. Kami siap untuk menghadapi situasi apapun. Masyarakat enggak perlu resah, enggak perlu takut. Sekali lagi, percaya kepada kami," lanjut dia.

Selanjutnya pria kelahiran Kediri, 8 Juli 19857 ini mengaku akan segera bertemu Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto guna membahas tindaklanjut wacana pembentukan kembali Koopssusgab tersebut. "Nanti kita akan bicara dengan Panglima TNI," ujar mantan Pangdam III/Siliwangi dan Pangdam XII/Tanjungpura ini mengakhiri

Reporter : Casandra Editya

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com