TNI-AL Menjadi Tulang Punggung Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dunia - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, 29 May 2018

TNI-AL Menjadi Tulang Punggung Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dunia

Jakarta / ZonaSatu -  Organisasi TNI Angkatan Laut harus diperkuat untuk dapat menjalankan tugasnya dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memimpin sektor kemaritiman Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam amanatnya saat sertijab Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) dari Laksamana TNI Ade Supandi kepada Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (28/5/2018). 

"Hal ini juga telah menjadi salah satu program prioritas Panglima TNI yaitu membentuk empat satuan baru, dua di antaranya satuan TNI AL yaitu Koarmada III dan Pasmar 3 Korps Marinir di Sorong beberapa waktu lalu," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto 

Lebih lanjut mantan Kasau ke-21 ini mengatakan, penguatan organisasi TNI AL sendiri mensyaratkan kebutuhan akan personel yang kompeten dan memiliki kredibilitas, dedikasi serta loyalitas tinggi, untuk dapat mengemban tugas yang tidak ringan. "Organisasi TNI dan TNI AL juga membutuhkan pemikiran kreatif, brilian, dan open minded dari para perwira TNI AL, yang tidak terkungkung dan terjebak pada rutinitas, untuk dapat merumuskan serta memaksimalkan peran TNI AL dalam menjalankan tugas negara," jelas alumni AAU tahun 1986 ini

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI menyebutkan, kondisi geopolitik dunia saat ini berada dalam tensi fluktuatif, dimana permasalahan strategis yang dikomunikasikan secara asertif, atau tindakan koersif, disertai gaya kepemimpinan eksentrik dapat mengganggu stabilitas, bahkan secara global.

"Hal ini dapat kita cermati pada isu denuklirisasi Korea dan Iran, sengketa wilayah Laut China Selatan, situasi di Palestina dan Yerusalem, perang dagang antarkawasan Asia, Amerika serta Eropa, perkembangan ancaman terorisme global dan peredaran narkoba. Peristiwa di berbagai belahan dunia tersebut berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap Indonesia," ujar mantan Sekretaris Militer Presiden ini. 
Menurut mantan Komandan Lanud bdul Rachman Saleh Malang ini, Indonesia sebagai negara maritim memiliki posisi strategis, karena merupakan jembatan belahan dunia barat dan dunia timur. Kekuatan dan stabilitas ekonomi serta ketahanan nasional, menjadikan Indonesia diperhitungkan dunia.

"Ini karena TNI AL merupakan salah satu tulang punggung bangsa untuk mewujudkan poros maritim dunia, khususnya pada bidang pertahanan maritim," kata mantan Komandan Lanud Adi Soemarmo Solo ini

Adapun lima pilar poros maritim dunia, yaitu pembangunan budaya maritim, pengelolaan sumber daya kelautan, pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim, pengembangan diplomasi maritim, serta pembangunan kekuatan pertahanan maritim.

Soal sertijab Kasal ini, pria kelahiran Malang, 8 November 1963 ini mengatakan, pergantian pimpinan merupakan hal yang tidak terhindarkan dalam sebuah organisasi yang sehat dan selalu bergerak dalam ritme yang dinamis. Hal ini karena setiap personel dibatasi usia dan masa aktif, sehingga disyaratkan kaderisasi dan keberlanjutan kepemimpinan.

Menurut Hadi, TNI AL merupakan bagian dari organisasi kenegaraan yang memiliki tugas penting menegakkan kedaulatan negara di laut dan menjaga keutuhan NKRI dari segala ancaman dan gangguan.

"Dalam menjalankan tugas, peran, dan fungsi TNI AL pun, kita tidak terlepas dari tantangan dan hambatan yang selalu diwarnai oleh dinamika perkembangan lingkungan strategis di sekitar kita," ujar mantan Kadsipen TNI AU ini. 
Seperti diketahui pada Rabu (23/5/2018) lalu Presiden RI, Joko Widodo melantik Laksamana TNI Siwi Sukma Adji sebagai KSAL untuk menggantikan Ade Supandi yang purna tugas pada 1 Juni 2018 ini.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-30 tahun 1985. KSAL ke-26 itu sebelumnya mengemban berbagai jabatan strategis sebagai Komandan Gugus Keamanan Laut Komando Armada RI Kawasan Timur dan Wakil Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Laut (Waasrena Kasal) tahun 2012.

Tahun 2013 Siwi menjabat sebagai Kasarmatim, kemudian menjabat sebagai Panglima Armada RI Wilayah Barat (Pangarmabar) pada 2016 dan pada tahun yang sama menjabat sebagai Asrenum Panglima TNI dan terakhir menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI sejak 2017.

Dia telah menerima berbagai tanda jasa seperti Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Jalasena Pratama, Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI, dan Satya Lencana Kesetiaan XXIV.

Selain itu, dia memperoleh penghargaan Satya Lencana Kesetiaan XXXII, Satya Lencana Dwidya Sistha, Satya Lencana Kebaktian Sosial, Satya Lencana Wira Karya, Satya Lencana Wira Dharma (perbatasan), Satya Lencana Wira Nusa, Satya Lencana Komandan KRI, Satya Lencana Dharma Nusa dan Satya Lencana Dharma Samudera.
Sementara Laksamana TNI Ade Supandi tercatat tiga tahun empat bulan 28 hari menjabat sebagai KSAL sejak dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada 31 Desember 2014.

Selama memimpin, Ade membawa TNI AL menurunkan tingkat kejahatan dan pelanggaran di laut, termasuk menggagalkan beberapa upaya penyelundupan narkoba dengan menangkap KIA Sunrise Glory yang membawa lebih dari satu ton sabu-sabu pada awal Februari 2018.

Dalam aspek pembangunan pengembangan kekuatan matra laut, selama 2015 sampai dengan Mei 2018 antara lain TNI AL mendapat tambahan kekuatan dua kapal perusak kawal rudal KRl RE Martadinata-331 dan KRI I Gusti Ngurah Rai-332, satu Kapal Angkut Tank, lima Helikopter Anti Kapal Selam dan satu Pesud MPA (ON-235) untuk mendukung kekuatan unsur udara TNI AL selain dua Kapal Selam, dua Kapal Survei, enam Kapal Patroli Cepat 40, dan KRl Bima Suci. 

Reporter : Noor Irawan
Sumber :

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com