Wiranto : Penanggulangan Terorisme Harus Melibatkan Seluruh Komponen Masyarakat - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Friday, 18 May 2018

Wiranto : Penanggulangan Terorisme Harus Melibatkan Seluruh Komponen Masyarakat

Jakarta / ZonaSatu -  Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Jenderal TNI (Purn.) Wiranto menggelar rapat koordinasi khusus (rakorsus) tingkat menteri. Rapat yang digelar di kantor Menkopolhukam, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta pada Jumat (18/5/2018) siang itu membahas masalah sinergitas dalam menanggulangi terorisme..

"Rapat tadi sebenarnya, ayo kita mampu untuk melakukan kerja sama yang ketat, erat dan baik sehingga ada satu kesadaran siapa berbuat apa, dengan cara apa, kapan dan bagaimana sehingga semuanya sudah bisa ambil bagian, jadi gimana kita membangun kebersamaan dalam rangka melawan aksi terorisme. Kita tahu sebentar lagi kita punya event nasional yang penting dan itu harus kita amankan bersama," kata Wiranto kepada wartawan usai mengadakan rapat tersebut.

Wiranto menuturkan, masalah terorisme ini tidak bisa ditangani pemerintah sendiri. Menurutnya masyarakat juga perlu berperan aktif membantu tindakan tersebut karena proses pengkaderan atau perekrutan terorisme sudah masuk di lingkungan masyarakat sekitar.

"Teroris tak serta merta bertindak radikal, melainkan dipicu berbagai hal. Mereka direkrut kemudian dicuci otak untuk menerima pemahaman radikal. Bibit itu lalu dilatih dan didorong serta diberi semangat untuk melakukan kegiatan-kegiatan kejam yang dinamakan teror. Proses yang mulai dari pengkaderan, perekrutan, pelatihan maka kegiatan mereka sudah mencakup ke seluruh kehidupan masyarakat kita.," ujar mantan Menhankam/Panglima ABRI ini.

Oleh karenanya ia tidak hanya meminta kepada aparat kepolisian saja untuk menjaga keamanan tetapi juga melibatkan semua elemen kementerian dan lembaga (K/L) terkait yang ada di Indonesia.

"Karena kegiatan mereka (teroris) sudah mencakup ke seluruh kehidupan masyarakat kita.  Nah, untuk menanggulangi itu tentu tidak boleh aparat kepolisian tetapi harus melibatkan komponen bangsa.Jadi ini harus diamankan bersama," ucap dia.

Wiranto juga mengatakan, selain dengan para pejabat negara, ia juga berencana untuk mengajak beberapa organisasi masyarakat dan organisasi politik lainnya menggear rapat untuk  membahas penanggulangan terorisme di lingkungan masyarakat sekitar.

"Termasuk nanti juga organisasi-organisasi politik, organisasi keormasan, saya akan ajak bicara bahwa ini urusan kita bersama. Ini urusan bangsa, ini ancaman terhadap tegaknya NKRI, ancaman terhadap eksinstensi bangsa dan stabilitas nasional jadi kita hadapi harus bersama-sama," imbuhnya.

Rapat koordinasi penanganan terorisme ini dihadiri Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala BIN Budi Gunawan. Hadir pula Kepala BNPT Suhardi Alius dan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Djoko Setiadi. Menteri yang hadir terdiri antara lain dari Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly dan Menteri Sosial Idrus Marham. Hadir pula Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Jaksa Agung Prasetyo.
Reporter : Noor Irawan
Sumber Foto : Humas Polkam

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...