Cegah Peretasan, Situs KPU Terapkan Sistem On-Off - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 30 June 2018

Cegah Peretasan, Situs KPU Terapkan Sistem On-Off

Jakarta/ZonaSatu - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengakui kalau web untuk mengakses hasil hitung cepat Pilkada Serentak 2018 di infopemilu.kpu.go.id kadang tak bisa diakses. KPU menggunakan sistem on (buka) dan off (tutup) untuk mencegah peretasan situs KPU.

"Kami terapkan sistem on dan off. Ketika ada serangan, kami langsung off. Prinsipnya proses rekap terbuka. KPU menyediakan akses rekap dan penghitungan suara lewat website KPU. Angka tidak akan berubah, tetap sama," ujar Arief di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Arief mengakui serangan terhadap situs KPU terjadi hampir setiap menit. Secanggih apa pun teknologi, kata dia, serangan selalu ada. "Hampir setiap menit, bukan jam, ada serangan ke situs hitung cepat KPU, untuk menghentikannya kita pakai sistem on dan off," tegasnya.

Dia membantah, jika buka tutup situs perhitungan suara Pilkada Serentak 2018 tersebut dilakukan lantaran KPU tidak netral. Langkah tersebut, jelas dia, merupakan solusi yang tepat untuk mengantisipasi pembajakan.

"Karena kalau kita buka terus merepotkan banyak pihak juga. Jadi mohon maaf kalau masih sering buka-tutup. Bukan karena kami tidak transparan, tapi ini strategi yang juga disampaikan para ahli IT kami untuk menangkal serangan yang terus datang tiap menit," ujar Arief.

Meskipun demikian, Arief memastikan bahwa serangan tersebut tidak akan mengganggu proses penghitungan suara. Dia memastikan proses penghitungan suara tetap aman dan transparan.

"Jadi, masyarakat tetap tenang. Proses rekapitulasi tetap terbuka. Bukan kami tidak transparan, tetapi ini untuk menangkal serangan yang datang tiap menit, bukan jam," ungkapnya.

Arief juga menyampaikan permohonan maaf jika dalam waktu tertentu, situs KPU tidak bisa diakses. KPU telah mengoptimalkan tim teknologi informasinya dan menerapkan berbagai cara untuk menangkal serangan terhadap situs KPU.

“Kami sampaikan permohonan maaf kepada masyarakat kalau kadang situs KPU tidak bisa diakses, sehingga masyarakat kadang tidak bisa memantau. Namun, kalau sudah aman, jelas akan kami buka kembali,” ujarnya.

Reporter : Sofyan Ahmad
Sumber :

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com