Polisi Sita Bom Rakitan Siap Ledak Saat Penggerebekan di Unri - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 3 June 2018

Polisi Sita Bom Rakitan Siap Ledak Saat Penggerebekan di Unri

Pekanbaru/ZonaSatu - Aparat kepolisian telah menyita empat unit bom rakitan berdaya ledak tinggi dari hasil penggerebekan yang terjadi di Sekretariat Kelembagaan Gelanggang Mahasiwa, Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Negeri Riau (Unri).

"Ada beberapa barang bukti yang dikumpulkan, di antaranya empat bom yang siap untuk diledakkan," kata Kepala Polda Riau Irjen Pol Nandang, dalam konferensi pers di Pekanbaru, Sabtu (2/6/2018) malam.

Ia klasifikasikan keempat bom itu memiliki daya ledak tinggi, setara dengan bom yang meledak di sejumlah titik di Kota Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Selain empat bom rakitan, dia mengatakan, polisi juga turut menyita sejumlah bahan peledak lain.  "Bahan-bahan peledak itu sangat sensitif," ujarnya.

Bahan peledak dan bom itu, kata dia, sengaja dirakit oleh tiga terduga teroris masing-masing berinisial Z, B, dan K. Ketiganya merupakan alumni perguruan tinggi negeri negeri itu, masing-masing angkatan 2002, 2004, dan 2005.

Saat ini, katanya lagi, keempat bom itu telah dijinakkan tim Gegana Brigade Mobil Polda Riau. "Sekarang sudah dijinakkan bom tersebut," ujarnya.

Polda Riau sebelumnya telah mengonfirmasi penangkapan tiga terduga teroris dari penggerebekan yang dilakukan Gedung Gelanggang Mahasiswa, Universitas Riau, Sabtu siang. Nandang, mengatakan, jajarannya mulai mendeteksi keberadaan terduga teroris sejak dua pekan terakhir sebelum melakukan penggerebekan.

"Dua minggu sudah (mulai) dilidik (diselidiki)," kata Nandang 

Awalnya, kata dia, Polda Riau bersama dengan Detasemen Khusus 88 Antiteror berencana melakukan penggerebekan itu pada Jumat (1/6). Namun, penggerebekan itu urung dilakukan atas dasar beberapa pertumbangan. "Baru bisa dilakukan hari Sabtu," ujarnya.

Sebelum menggerebek, polisi terlebih dahulu telah mengumpulkan data terkait dengan siapa, bagaimana, dan bentuk aktivitas mencurigakan di perguruan tinggi negeri terbesar di Riau itu. "Setelah memperoleh data awal akurat, tentang siapa, bagaimana, akan lakukan apa, sudah diketahui sedari awal, baru digerebek," katanya.

Densus 88 Antiteror bersama Gegana Polda Riau, Sabtu siang, menggerebek Gedung Gelanggang Mahasiswa, yang berlokasi di kampus Universitas Riau. Penggerebekan melibatkan personel Brimob bersenjata lengkap dan Gegana serta Inafis dan menurunkan mobil Baracuda dan Gegana itu, polisi turut menyita sejumlah barang bukti. Selain bom yang rencananya akan diledakkan di beberapa titik, turut disita senapan angin, dua busur panah, berikut delapan anak panahnya.

Berkaitan penggerebekan di kampus tersebut polisi menggunakan senjata, menurut dia, yang digerebek bukan pencuri ayam, melainkan pelaku kejahatan luar biasa. "Hingga saat ini kami masih terus memintai keterangan para terduga teroris itu, termasuk mendalami afiliasi jaringan mereka," katanya.

Reporter : M. Tariez
Sumber : Antara

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com