Presiden Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 7 June 2018

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Semarang

Semarang/ZonaSatu - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dan Gedung Menara Pengawas Airnav, Semarang, Jawa Tengah, pada Kamis (7/6/2018). Pembangunan terminal bandara baru lebih cepat dari yang dijadwalkan.

Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohiim, saya resmikan pengoperasian terminal Bandara Ahmad Yani pada sore hari ini," ujar Jokowi. 

Jokowi mengakui, pemerintah memang fokus meningkatkan infrastruktur di bidang logistik. Harapannya, distribusi barang menjadi lebih mudah dan harga menjadi lebih murah. Peresmian tersebut kemudian disertai dengan penekanan tombol sirine.

"Bandara lain selama konstruksi biasanya saya periksa, di sini saya tidak memeriksa, tahu dan tahu dan saya terkejut," kata Jokowi 

Jokowi juga mengaku kaget bahwa terminal baru Bandara Ahmad Yani memiliki arsitektur yang bagus dan lingkungan yang baik.

"Secara arsitektur, ini bandara apa ya... arsitekturnya bagus, lingkungannya cantik, kelihatan juga arus lalu lintas enak keluar masuknya

Dalam sambutannya, Jokowi tidak memungkiri bahwa pembangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani di Jawa memang keinginannya sebagai orang dari Jawa Tengah. Empat tahun lalu, ketika terakhir kali menggunakan terminal Bandara Ahmad Yani yang lama, dia merasa sedih.

"Ini adalah bandara bandara internasional tetapi terminalnya seperti ini, berdesakan, juga gedungnya. Ya, saya minta maaf untuk mengatakan tidak apa-apa, itu sangat buruk. Tapi selama bertahun-tahun sekarang, enggak tidak dibangun, apakah ada sesuatu ?, "kenang Jokowi 

Untuk itu, dua tahun lalu, Jokowi memerintahkan Menteri BUMN melalui Angkasa Pura I untuk menghitung pembangunan Bandara Ahmad Yani Semarang.

"Tapi kalau saya berdiri tegak, 4 tahun lalu saya baru bangun, bandara lain belum, hanya saja Jawa Tengah itu hanya Presiden. Tentunya, ada banyak yang mengatakan itu. Ya, yang lain sudah mulai, "kata Jokowi.

Di akhir pidato, Jokowi menyarankan para manajer, penumpang, khususnya masyarakat Jawa Tengah, masyarakat Semarang untuk memiliki terminal baru Bandara Ahmad Yani yang dijaga bersama untuk kepemilikan bersama dan untuk saling menguntungkan.
Desain bandara baru Ahmad Yani Semarang secara keseluruhan mengadopsi konsep eco-airport karena sebagian bangunan berdiri di atas air. Maka tidak heran jika banyak hiasan atau taman dengan konsep kolam yang asri di bandara ini.

Untuk diketahui, terminal baru itu memiliki luas 58.652 m2 dengan kapasitas 6,9 juta penumpang per tahun. Bandara Ahmad Yani kini juga memiliki apron seluas 72.522 m2 dengan 12 parking stand.

Ada 30 check in counter dan juga 4 visa on arrival counter di terminal baru. Selain itu karena gedung terminal baru terdiri dari 3 lantai maka disiapkan juga fasilitas 2 travelator, 8 eskalator, dan 8 elevator.

Kini bandara Ahmad Yani juga sudah memiliki 3 garbarata. Sedangkan untuk area parkir kendaraan di bandara baru bisa menampung 1.200 kendaraan dengan total luas 43.633 m2. Bandara tersebut sudah dioperasionalkan sejak hari Rabu (6/6/2018) kemarin.

Turut hadir dalam acara tersebut yaitu Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Jubir Kepresidenan Johan Budi, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar, Jaksa Agung H.M Prasetyo. Kemudian ada Plt Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang.

Reporter : Casandra Editya
Sumber :

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...