Aksi Kejar-Kejaran dan Baku Tembak Terjadi di Yogyakarta - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, 3 July 2018

Aksi Kejar-Kejaran dan Baku Tembak Terjadi di Yogyakarta

Yogyakarta/ZonaSatu - Aksi kejar-kejaran diwarnai baku tembak terjadi di Yogyakarta, Selasa (3/7/2018) siang. Sejumlah polisi gabungan mengejar sebuah mobil Honda Jazz Nopol AB 1979 U warna silver, yang diduga dikendarai seorang wanita.  

Sempat melakukan pengejaran selama 1,5 jam lebih, mobil yang dikendarai pelaku akhirnya berhasil dilumpuhkan Polisi di depan SMPN 1 Seyegan, Jalan Sumberagung, Dusun Kasuran, Seyegan, Sleman, pada sekitar pukul 14.15 WIB.

Kondisi mobil tampak rusak parah. Ban belakang sebelah kanan depan dan belakang kempes, setelah ditembak peluru panas. Kaca mobil bagian depan dan samping belakang, pecah. Bodi samping dan bamper depan mobil, rusak berat.

Mobil yang dikendarai pelaku, sempat menerobos sejumlah lampu merah dan menabrak pengguna jalan. Pihak anggota kepolisian yang berusaha melumpuhkan pelaku sempat menembak ban mobil hingga pecah.

Polisi bahkan menghadang pelaku dengan sejumlah mobil patroli. Namun, pelaku tak menghiraukan hal tersebut, dan terus melaju dengan menabrak mobil polisi.

Hingga saat ini, kondisi di TKP tempat mobil pelaku berhasil dilumpuhkan masih ramai. Sejumlah anggota kepolisian masih melakukan olah TKP. Garis polisi dipasang tepat di depan SMPN 1 Seyegan. Sejumlah warga mengerubungi lokasi tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, pelaku diketahui seorang wanita berinisial AS, seorang PNS, warga Seyegan, Sleman. Ia diketahui hendak masuk ke halaman Mapolda DIY, namun menolak untuk diperiksa. Pelaku lantas balik arah. Polisi melepaskan tembakan peringatan, namun pelaku tidak menggubris, hingga terjadi aksi kejar-kejaran.

Karena itulah memancing kecurigaan petugas dan berujung dengan pengejaran terhadap perempuan tersebut. Selain itu, dalam pengejaran yang dilakukan, pengemudi sempat menabrak beberapa kendaraan bermotor milik petugas. Sebelum akhirnya berhasil dilumpuhkan di depan SMP 1 Negeri Seyegan, Kasuran, Margomulyo, Sleman.

Kapolres Sleman, AKBP M. Firman Lukmanul Hakim mengatakan bahwa pengejaran yang dilalukan bermula dari gerbang Mapolda DIY. Menurutnya, pengejaran dilakukan karena saat dilakukan pemeriksaan tidak kooperatif sehingga menimbulkan kecurigaan petugas terhadap perempuan tersebut.

"Yang mencurigakan adalah saat mau masuk dalam Polda diperiksa nggak mau, dibuka kacanya nggak mau, ada apa?," katanya saat di lokasi kejadian.

Disinggung mengenai prosedur pemeriksaan terhadap orang yang hendak memasuki Mapolda DIY dirasanya telah sesuai dengan ketentuan. Mengenai pengejaran dan penembakan yang ditujukan petugas terhadap mobil yang dikendarai perempuan tersebut juga bukan tanpa alasan.

"Bukan membela anggota, tapi anggota di Polda sudah lakukan prosedur yang benar dan dengan cara periksaan yang baik dan benar maupun humanis. Patut diduga kenapa melarikan diri, kan seperti itu (Dilakukan pengejaran dan penembakan ke Mobil)," ucapnya.

Menurutnya, kejadian tersebut terjadi setengah satu siang. Dikayakannya pula, setelah melarikan diri karena tidak mau menjalani pemeriksaan, perempuan tersebut mengendarai mobilnya ke arah timur dan membutar balik ke lajur yang menuju arah barat.

Sementara itu, Kapolsek Seyegan, AKP Masnoto mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan penghadangan setelah menerima informasi dari radio handy talky (HT) jika ada satu unit mobil yang dikejar petugas. Diungkapkannya bahwa pengejaran tersebut dilakukan petugas gabungan Polda DIY dan Polres Sleman.

"Sekitar jam 1 siang dapat info dari HT ada mobil yang dikejar dari arah timur. Kalau dikejar itu karena tidak kooperatif saat diperiksa dan dijalan juga nabrak orang dan sebagainya," ujarnya.

"Sampai seyegan kita hadang dan setelah dihadang tidak kooperatif juga dan sempat nabrak mobil yang menghadang dan setelah dipepet berhenti depan SMP (1 Negeri Seyegan)," imbunhnya.

Reporter : Basyirun Adhim 
Sumber :

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com