BNPT, TNI-Polri dan Stakeholder Terkait Mantapkan Latihan Antisipasi Terorisme di Asian Games 2018 - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, 25 July 2018

BNPT, TNI-Polri dan Stakeholder Terkait Mantapkan Latihan Antisipasi Terorisme di Asian Games 2018

 Jakarta/Zonasatu - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama  TNI, Polri, serta lembaga terkait lainnya siap all out untuk mengamankan pelaksanaan Asian Games (AG) 2018, terutama dari ancaman terorisme. Persiapan dan antisipasi maksimal pun telah dilakukan agar AG 2018 berjalan lancar dan aman. Salah satunya adalah Latihan Mitigasi Aksi Terorisme Terintegrasi (K/L/D/I, Polri, TNI, BNPT) Dalam Pengamanan AG 2018.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin upacara Penutupan dan Simulasi tersebut yang digelar oleh BNPT di Area Open Space Hal D JIExpo Kemayoran, Jakarta. Rabu (26/7/2018) Hadi menuturkan,latihan tersebut untuk mengantisipasi serta memberikan rasa aman saat perhelatan Asian Games 2018.

“Hari ini adalah penutupan dan simulasi dalam rangka pelatihan mitigasi terintegrasi dari seluruh komponen stakeholder, TNI, Polri, serta komponen lainnya dalam mengantisipasi dan memberikan rasa aman terhadap jalannya AG 2018 di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat, Sehingga dengan latihan ini, kita bisa mengevaluasi apa yang perlu ditambah dan dipertahankan terkait dengan latihan-latihan penanganan aksi terorisme tersebut” ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Panglima melanjutkan bahwa dengan latihan dan simulasi ini, bisa dievaluasi apa yang perlu ditambah dan dipertahankan terkait penanganan kemungkinan terjadi aksi terorisme di AG 2018.

“Ini sangat penting agar kita memberikan rasa aman kepada atlet, ofisial, kepada seluruh penonton baik luar maun dalam negeri, bahwa jaminan keamanan terhadap aksi terorisme sudah bisa ditangani dengan cara kita melatih dan mensimulasikan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi,” imbuh Panglima TNI.

Menurut Panglima TNI, yang dilihat dalam simulasi tadi adalah operasi secara fisik. Namun operasi non fisik juga dilaksanakan terutama terhadap ancaman siber yang kemungkinan menjadi sarana dalam rangka memberikan informasi atau mengacaukan jalannya pesta olahraga AG 2018.

Terkait pengamanan VVIP, kata Panglima TNI, akan disesuaikan dengan SOP yang dimiliki Paspampres. Itu juga akan disesuakan dengan jumlah kepala negara yang hadir, khususnya saat upacara pembukaan dan penutupan.

Di tempat yang sama Kepala BNPT Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, MH, menambahkan bahwa selain operasi itu, pihaknya juga melakukan operasi pencegahan di semua daerah tertentu yang berkorelasi dengan pelaksanaan Asian Games 2018.

“Kita melihat bagaimana sinergitas antara TNI Polri dan seluruh kementerian lembaga serta dinas dan instansi bekerja sama untuk sama-sama menyukseskan Asian Games 2018. Operasi kita juga terintegrasi, yang tidak keliatan salah satunya dikatakan pak panglima, kita ingin memberikan rasa nyaman kepada seluruh peserta Asian Games dan mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar,” kata Komjen Suhardi Alius.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap mendukung kebutuhan dari TNI Polri di dalam pengamanan Asian Games.

Anies pun menyebut pagi tadi telah menggelar apel tiga pilar bersama TNI -Polri untuk memastikan sinergi bukan saja terjadi di level pimpinan, tapi juga di level operasional para petugas di lapangan.

"Karena itu kita lakukan apel bersama dan sudah saksikan aparat keamanan siap. Karena itu seluruh rakyat Indonesia percaya dan yakin bahwa seluruh aparatur kita akan mengamankan dan memastikan Asian Games berjalan dengan baik," ucap Anies.

Penulis : Himawan Aji
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com 


loading...