JK Disarankan Tak Terlibat Dalam Gugatan UU Pemilu - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 21 July 2018

JK Disarankan Tak Terlibat Dalam Gugatan UU Pemilu

Jakarta/Zonasatu - Wakil Presiden Jusuf Kalla disarankan untuk tidak terlibat dalam pengajuan gugatan UU Pemilu khususnya terkait dengan pembatasan masa jabatan presiden dan wakil presiden.

Pengamat politik dari LIPI, Syamsuddin Haris menilai langkah Jusuf Kalla (JK) menjadi pihak terkait dalam pengajuan gugatan tentang pembatasan masa jabatan presiden dan wakil presiden oleh Perindo itu mengesankan ada konflik kepentingan.

"Orang-orang sekeliling beliau mestinya mengingatkan," kata profesor riset bidang politik yang juga berprofesi sebagai dosen itu dalam cuitannya di Twitter, Sabtu (21/7).

Menurut Syamsuddin, dengan menjadi pihak terkait, kecurigaan bahwa JK mempunyai ambisi kekuasaan sulit dihindari karena alasan Perindo menggugat ke MK justru untuk mengusung kembali Jokowi-JK pada 2019.

Ia mengatakan, amanat Pasal 7 UUD 1945 yang membatasi kekuasaan presiden dan wapres hanya dua kali masa jabatan tidak perlu dikaji lagi karena sudah terang benderang.

"Yang perlu dikaji justru adalah pikiran dan motif mereka yang hendak menguji pesan konstitusi yang sudah sangat jelas tersebut," katanya.

Ia mengaku tidak habis pikir bahwa JK mengajukan diri sebagai pihak yang dirugikan oleh UU Pemilu tentang masa jabatan wapres yang dibatasi dua kali.

Penulis : M. Taries
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com