Letjen Andika Perkasa Jadi Pangkostrad,Mayjen AM Putranto Dipromosikan Jadi Komandan Kodiklat TNI-AD - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, 14 July 2018

Letjen Andika Perkasa Jadi Pangkostrad,Mayjen AM Putranto Dipromosikan Jadi Komandan Kodiklat TNI-AD

Jakarta/Zonasatu - Dalam upaya penyegaran organisasi di tubuh Tentara Nasional Indonesia (TNI), Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi jabatan di lingkungan TNI. Sebanyak 29 perwira tinggi (pati) dan menengah (pamen) TNI akan menempati jabatan baru. Dalam mutasi dan promosi jabatan kali ini, ada sebanyak 22 perwira tinggi Angkatan Darat, 1 Angkatan Laut dan 6 Angkatan Udara.

Rotasi ini tertuang dalam Surat Keputusan (SKEP) Panglima TNI Nomor Kep/673/VII 2018 tanggal 13 Juli 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI yang ditandatangani Kepala Setum TNI Brigjen Ferry Zein.

Dalam surat mutasi tersebut Komandan Kodiklat TNI-AD (Kodiklatad) Letjen TNI Andika Perkasa di mutasi menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Andika menggantikan Letjen TNI Agus Kriswanto yang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Dengan jabatan baru ini praktis Andika hanya 6 bulan menjabat Dankodiklatad. Menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono itu sebelumnya ditunjuk sebagai pemegang tongkat komando tertinggi di Kodiklat berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/12/I/2018 tertanggal 4 Januari 2018.

Di matra TNI AD, tak dimungkiri Andika termasuk Pati TNI yang kariernya melesat. Tanda-tanda itu sudah terlihat ketika lulusan Akmil 1987 ini meraih jenderal bintang satu dengan menjabat sebagai Kadispen TNI AD pada 2013.

Namanya benar-benar menjadi pusat perhatian ketika hanya dalam tempo 11 bulan dipromosikan sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Lepas dari Danpaspamres, tentara kelahiran Bandung, Jawa Barat ini dipercaya sebagai Pangdam XII/Tanjungpura.

Dalam surat mutasi ini, posisi yang ditinggalkan Andika dipercayakan kepada Mayjen TNI AM Putranto yang saat ini menjabat sebagai Pangdam II/Sriwijaya. AM Putranto yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Panglima Divisi Infanteri 1/Kostrad dan Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI ini merupakan lulusan Akmil 1987 yang merupakan rekan satu angkatan Andika. Putranto bakal menyamai torehan bintang tiga bersama rekan seangkatannya yang lebih dahulu disandang Andika dan Letjen TNI Muhammad Herindra yang kini menjabat Irjen TNI.
 
“Benar ada pemutasian jabatan Pati, termasuk Letjen TNI Andika Perkasa. Skep-nya 'kan sudah keluar. Kalau soal pelantikan dinamis, waktunya nanti melihat situasi dari pimpinan sendiri,” kata Kapuspen TNI, Mayjen TNI M. Sabrar Fadilah dalam pesan singkatnya Sabtu (14/7/2018).

Fadilah menjelaskan, mutasi dan promosi jabatan personel di tingkat Perwira Tinggi (Pati) TNI ini merupakan upaya peningkatan kinerja dalam organisasi TNI itu sendiri. “Mutasi jabatan ditujukan untuk mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” ujar alumni Akmil tahun 1988 ini.

Selanjutnya posisi Pangdam II/Sriwijaya yang ditinggalkan AM Putranto akan dipercayakan kepada Mayjen TNI Irwan yang saat ini menjabat sebagai Aslog KSAD. Posisi Irwan pun akan ditempati oleh Brigjen TNI Jani Iswanto, M.A yang saat ini menjadi Staf Khusus KSAD.

Mutasi dan promosi jabatan lain dalam SKEP tersebut yakni, Komandan Kodiklat TNI, Mayjen TNI Agung Risdhianto dimutasi menjadi Staf Khusus KSAD. Agung yang merupakan alumnus Akmil 1985 ini merupakan mantan sekretaris pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Posisi Komandan Kodikklat TNI yang ditinggalkan Agung akan ditempati Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono yang sebelumnya menjabat sebagai Asintel Panglima TNI.  Lalu Mayjen TNI Agus Surya Bakti yang merupakan suami dari artis Bella Saphira dan sudah menjabat selama 33 bulan sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin akan menempati posisi baru sebagai  Asintel Panglima TNI.

Posisi Pangdam XIV/Hasanuddin akan ditempati Mayjen TNI Surawahadi yang saat ini masih menjabat sebagai Komandan Pussenif Kodiklatad. Lalu Brigjen TNI Tri Soewandono yang saat ini menjabat  Kasdam XVI/Patimura di promosikan menjadi Danpussenif Kodiklatad.

Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, dari Danrem 174/Atw (Merauke) Kodam XVII/Cenderawasih  dimutasi menjadi Kasdam XVI/Patimura. Kolonel Inf R. Agus Abdurrauf, dari Kapuskodalops TNI AD dipromosikan menjadi Danrem 174/At,

Posisi lain yakni Mayjen TNI Amrin  M.A.P dari Pa Sahli Tk.III Bid. Komsos Panglima TNI menjadi Staf Khusus KSAD. Kemudian Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni, dimutasi menjadi Pa Sahli Tk.III Bid. Komsos Panglima TNI.

Mayjen TNI Tiopan Aritonang, dari Pa Sahli Tk.III Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI dimutasi menjadi Pangdam XIII/Merdeka. Brigjen TNI Santos Gunawan Matondang dari Kasgartap I/Jakarta dipromosikan menjadi Pa Sahli Tk.III Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI.

Brigjen TNI Herianto Syahputra, dari Kasdam Jaya menjadi Kasgartap I/Jakarta, Brigjen TNI Suharyanto, dari Dir Kontra Separatisme Deputi III Bid. Kontra Intelijen BIN menjadi Kasdam Jaya. Brigjen TNI Edmil Nurjamil, dari Kabinda Sumatera Selatan BIN menjadi Dir Kontra Separatisme Deputi III Bid. Kontra Intelijen BIN.

Kolonel Inf Ruddy Prasemilsa dari Agen Madya pada Direktorat Rendalgiatops Deputi II Bid. Intelijen Dalam Negeri BIN menjadi Kabinda Sumatera Selatan BIN, Kolonel Inf Chanlan Adilane, dari Irdam III/Siliwangi menjadi Inpektur Badan Nasional Pengawas Perbatasan (BNPP). Kolonel Cpm Eddy Rate Muis, dari Analis Madya Diagasiskar Dit SDM Ditjen Kuathan Kemhan menjadi Direktur Hukum pada Deputi Bid. Informasi, Hukum dan Kerjasama Bakamla.

Lalu 1 (satu) Pati TNI AL, yaitu Kolonel Mar Budi Purnama, dari Wadanlantamal VIII/Manado Koarmatim yang juga pernah menjadi Komandan Denjaka TNI-AL dipromosikan menjadi Direktur Sistem Komunikasi BNPP.

Kemudian 6 (enam) Pati TNI AU yang mendapatkan promosi dan mutasi yaitu Marsma TNI Hari Andy Atmoko dari Pa Sahli Tk.II Siber Sahli Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI menjadi Pati Mabes TNI AU karena meninggal dunia.

Kolonel Pnb Hari Widodo dari Sesdisbangopsau menjadi Pa Sahli Tk.II Siber Sahli Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI. Marsma TNI Eny Juwartini dari Pati Sahli Kasau Bid. Iptek menjadi Staf Khusus KSAU.  Kolonel Lek Edi Kusnadi dari Ir Koopsau I dipromosikan menjadi Pati Sahli Kasau Bid. Iptek.

Marsma TNI Ir.Muhammad Johansyah, dari Pati Sahli KSAU Bid.Sumdanas menjadi Staf Khusus KSAU. Kolonel Lek Heru Anggraito, dari Pamen Sahli KSAU Bid.Komnika Sahli KSAU Bid.Iptek dipromosikan menjadi Pati Sahli KSAU Bid.Sumdanas.

Penulis : Noor Irawan
Sumber : Puspen TNI

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com