Pangdam XIV/Hasanuddin Sambut Kunjungan Korps Atase Pertahanan dari 19 Negara - ZONASATU.CO.ID

ZONASATU.CO.ID

Saluran Informasi Terkini

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, 11 July 2018

Pangdam XIV/Hasanuddin Sambut Kunjungan Korps Atase Pertahanan dari 19 Negara

Jakarta/Zonasatu - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti, dan sejumlah perwira Kodam XIV Hasanuddin  menerima kunjungan korps atase militer dari 19 negara.

Sedikitnya ada 40 anggota korps atase militer dari 19 negara sahabat. Di antaranya Rusia, Australia, Jepang, Kanada, Thailand, Brazil, Papua Nugini, Cina, Filipina, Korea Selatan, Myanmar, Ukraina, Laos, Amerika Serikat, Brunei Darussalam, Nigeria, Timor Leste, Swedia, dan Kamboja.

Para perwakilan yang diterima, di baruga Syekh Yusuf, Kodam XIV Hasanuddin Makassar, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Rabu (11/7/2018) berlangsung meriah.

Dalam sambutannya, ketua korps atase pertahanan militer dari Australia, Comodore Robert Plath mengucapkan terima kasihnya kepada Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya Bakti.

Ucapan itu atas diterimanya rombongan perwakilan atase pertahanan militer di Sulawesi Selatan, untuk mempelajari kultur Indonesia, dan TNI khususnya.

“Agar menjelaskan kepada masing-masing negara perwakilan atase militer, tentang bagaiamana peranan Indonesia dalam sistem keamanan dunia,” ujar Comodore Robert Plath mewakili rekan-rekan perwakilan korp Aras militer yang berkunjung.

Sementara itu, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Agus Surya dalam sambutannya memperkenalkan budaya yang ada di Sulsel, dari segi makanan, suku dan bahasa.

“Jadi beliau (Hasanuddin) itu terkenal dengan badiknya yang disimpan di pinggang kanannya. Dan sering ia acungkan lurus ke depan,” ujar suami dari mantan artis Bella Saphira ini

PDalam kesempatan tersebut Agus Surya Bakti juga menjamu khusus 40 Atase Militer negara sahabat dengan menu kuliner khas Sulawesi Selatan.

"Ini adalah kunjungan persahabatan dan memang mereka ingin mengenal keragaman budaya, suku dan kuliner di beberapa daerah termasuk di Sulawesi Selatan," ujar alumni Akmil tahun 1984 ini

Beberapa menu khas yang disajikan yakni makanan yang berbahan dasar daging seperti Pallubasa, Coto, Konro, Mie Kering, serta penganan yang terbuat dari pisang seperti Pallubutung dan Barongko.

Mantan Deputi I bidang Pencegaham, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT ini menyatakan semua menu khas Sulsel yang disajikannya itu direspon baik oleh para atase militer dan menyampaikan langsung pujiannya atas nikmatnya kuliner tersebut.

"Mereka memuji langsung dan menanyakan bahan-bahan dasar dari menu-menu yang kami sajikan. Barongko yang terbuat dari pisang juga disenanginya," kata mantan Komandan Grup 3/Sandi Yudha Kopassus ini.

Selain berkunjung langsung ke Kodam XIV Hasanuddin rombongan juga menyempatkan waktu mengunjungi Markas Komando Lantamal VI yang disambut langsung Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono beserta pejabat utama.

Laksma Dwi Sulaksono menyampaikan ucapan selamat datangnya kepada seluruh Atase Militer di Mako Lantamal VI dan berharap pertemuan dapat memperkuat hubungan baik dan persaudaraan antar negara.

Acara kunjungan diakhiri dengan foto bersama di depan monumen jangkar Mako Lantamal VI dan pertunjukan atraksi Anjing K-9 yang dimiliki oleh Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) Lantamal VI di dermaga layang Mako Lantamal VI.

Rombongan yang berkunjung berasal dari negara Australia, Brazil, Kamboja, Rusia, Jepang, Timor Leste, Papua Nugini, China, Thailand, Filipina, Korea, Myanmar, New Zealand, Swedia, Vietnam, Amerika Serikat, Singapura dan Malaysia.

Penulis : Noor Irawan
Sumber : -

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad


Mengenai Hak Jawab dan Hak Koreksi terkait pemberitaan www.zonasatu.co.id dapat dikonfirmasikan ke email redaksi zonasatu.redaksi@gmail.com